Fish Spa Therapy

VIVAnews –  Geli dan risih. Mungkin itulah yang Anda bayangkan saat puluhan ikan kecil menyerbu kaki Anda. Tapi, jangan hanya dibayangkan, sebaiknya terapi memanjakan kaki lelah ini dicoba. Terapi ini dikenal dengan sebutan Fish Spa Therapy, karena menggunakan ikan.

Saat ini, mulai banyak ditemui terapi menghaluskan kaki menggunakan ikan. Sebenarnya perawatan ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Kini, mulai menjamur tempat perawatan spa yang menyediakan terapi ini.

Salah satu tempat di Jakarta yang membuat tempat khusus untuk Fish Spa Therapy Spa adalah Kenko Reflexology & Fish Spa. Bertempat di Lower Ground Senayan City, Jakarta, Kenko memiliki konsep memanjakan para pengunjung mal yang kelelahan setelah berbelanja dan berjalan-jalan.

Jika kebetulan Anda sedang berada di sana, coba terapi ini. Anda hanya tinggal duduk manis, memasukkan kaki dalam kolam, lalu ikan-ikan kecil akan membersihkan dan memanjakan kaki Anda.

Untuk Fish Spa Therapy sendiri, menggunakan ikan Garra Ruffa yang berasal dari Kangal Turki. Ikan tersebut tidak memiliki gigi dan sangat suka dengan kulit manusia yang kering dan mengelupas. Jadi mereka siap menggigiti kulit-kulit kering yang terdapat di kaki Anda. Terutama di bagian telapak kaki.

"Ikan Garra Ruffa ini seperti batu apung hidup yang bisa mengangkat lapisan epidermis kulit yang sudah mati pada kaki. Ikan ini semacam ‘dokter’ bagi kaki. Karena itu, kami menjulukinya ‘doctor fish’," kata Dr. Jimy Tan, terapis sekaligus pemiliki Kenko.

Fungsi dari fish spa therapy ini mirip perawatan pedicure dan manicure, hanya lebih lengkap. Pasalnya, ikan-ikan tersebut tidak hanya membersihkan telapak kaki tetapi juga membersihkan sampai bagian betis. Selain itu, dengan gigitannya, ikan memberi semacam terapi refleksi pada kaki yang berguna memperlancar peredaran darah.

Sebelum para pengunjung melakukan Fish Spa Therapy, kaki akan dibersihkan terlebih dahulu dengan cairan antiseptik oleh para terapis. Hal itu untuk menjaga kebersihan air dalam kolam. Selain itu sirkulasi
air kolam tempat ikan Garraf Ruffa tinggal sangat dijaga.

"Air setiap hari diganti secara otomatis dan telah melewati penyaringan lampu UV untuk menyingkirkan virus dan bakteri. Kami juga menggunakan terapi ozon untuk menghancurkan kotoran cair yang ada dalam kolam," kata Filly Hanna Asisten Operasional Kenko.

Untuk terapi sendiri, saat pertama mencelupkan kaki ke dalam kolam, ikan akan langsung menyerbu kaki dan rasanya agak menggelitik. Bagi yang tidak tahan rasa geli mungkin akan kaget. Tetapi setelah beberapa menit, kaki akan mulai terbiasa digigiti oleh ikan-ikan yang berusia 8-9 bulan itu.

Terapi tersebut membutuhkan waktu 30 menit. Menurut Dr Jimy Tan, terapi ‘digigit’ puluhan ikan ini baik dilakukan setiap minggu selama 30 menit.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Lokasi:

Kenko Reflexology & Fish Spa
Senayan City LG, Jl. Asia Afrika Lot 19
Telepon : (021) 72871561
Jam Buka : 10.00 WIB - 22.00 WIB

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024