Perdagangan Perbaiki 400 Pasar Tradisional

VIVAnews - Dana revitalisasi pasar tradisional senilai Rp 400 miliar yang disalurkan melalui Departemen Perdagangan akan mampu memperbaiki kualitas 300 - 400 unit pasar tradisional. Revitalisasi pasar meliputi bangunan fisik serta manajemen pengelolaan.
 
"Asosiasi sudah berkoordinasi dengan Departemen Perdagangan dan data pasar tradisional yang membutuhkan program revitalisasi secepatnya," kata Deputi Kerja Sama dan Investasi Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia Suhendro setelah Workshop Penguatan Pasar Domestik di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis 12 Maret 2009.

Pasar tradisional yang diprioritaskan mendapat kucuran dana revitalisasi adalah jenis pasar induk dengan jumlah 500 - 1.000 pedagang. Dana stimulus, kata Hendro akan dipakai untuk memperbaiki infrastruktur utamanya pasar tradisional basah. 

Dari sekitar 8 ribu pasar tradisional di Indonesia, 75 persen berusia di atas 20 tahun. Pasar tradisional yang terbakar juga akan memperoleh prioritas revitalisasi. Selain infrastruktur, dana stimulus digunakan untuk pengelolaan manajemen pasar. 

Tujuannya, setelah infrastruktur memadai, bisa dilengkapi pengelolaan dan manajemen yang baik. Pada tahap pertama dengan anggaran senilai Rp 400 miliar, menurut dia, akan merevitalisasi 300 - 400 pasar tradisional. 
 
Setelah revitalisasi berjalan, kata Hendro, pasar tradisional menjadi lebih efisien dan menghidupkan ekonomi daerah. "Pasar itu pusat ekonomi daerah dan menciptakan tenaga kerja serta entrepreneur baru," tutur Hendro. Perbaikan infrastruktur ekonomi ini akan meningkatkan pertumbuhan dan perputaran ekonomi 15 - 20 persen.
 
Hendro mengakui untuk membenahi 8 ribu pasar perlu waktu dan dana hingga triliunan rupiah. Perhatian pemerintah terhadap pasar tradisional sebagai pusat pertumbuhan ekonomi daerah, menurut Hendro merupakan perubahan positif dari pemerintahan. 

Secara bertahap revitalisasi yang terus menerus dijalankan akan mampu memperbaiki seluruh pasar di kota dan kabupaten dalam beberapa tahun ke depan. "Stimulus yang diberikan selama lima tahun akan memperbaiki kondisi pasar tradisional kita," tutur Hendro.

Memilih Mobil Listrik Idaman: Panduan Lengkap untuk Calon Pembeli
Suasana menjelang konser 2024 TVXQ! 20&2 In Jakarta

Konser Hari Ini, Intip Suasana Menjelang Konser TVXQ di Indonesia

Suasana menjelang konser TVXQ di Indonesia yang sangat dipadati oleh banyaknya penggemar.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024