Dugaan Korupsi Dephut

MS Kaban: Pengadaan Radio Terpadu Penting

VIVAnews - Menteri Kehutanan Malem Sambat Kaban menyatakan pengadaan Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT) sangat penting. Bahkan sudah dirancang hingga 2010.

"(Pengadaan) itu penting dan urgent," ujar Kaban usai diperiksa komisi antikorupsi sekitar lima jam di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin, 20 Oktober 2008.

Kasus dugaan korupsi pengadaan Sistem Komunikasi Radio Terpadu ini merupakan tindak lanjut dari pengusutan kasus alih fungsi hutan untuk pembangunan Pelabuhan Tanjung Api-api, Sumatera Selatan. Penyidik komisi antikorupsi menemukan sejumlah data terkait kasus pengadaan radio terpadu itu saat mencari berkas kasus alih fungsi hutan di Departemen Kehutanan.

Kaban melihat proyek ini sangat penting mengingat hutan Indonesia yang sangat luas. Selain itu, radio terpadu ini juga diyakini memiliki sistem satu arah yang sangat spesifik.

Menurut Kaban, proyek ini sudah dirancang sejak 1986. Namun, pengadaan sempat tersendat lantaran adanya otonomi daerah. Saat ini, Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan menangani pengadaan ini. "Pengadaannya di biro umum Departemen Kehutanan," jelas Kaban.

Mengenai laporan Badan Pemeriksa Keuangan yang menyatakan hingga saat ini radio terpadu itu tidak diketahui keberadaannya, padahal anggaran sudah diseujui, Kaban enggan berkomentar. "Soal itu saya serahkan semuanya kepada KPK," tutupnya.

MS Kaban tiba di gedung komisi dengan menumpang mobil dinas menterinya, Toyota Camry warna hitam bernomor RI 25. Namun, saat pulang dia menumpang mobil Toyota Fortuner warna hitam bernomor polisi B 8559 ZM.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024