Dana Nyangkut di Indover

2007, Indover Masih Untung Euro 2,3 Juta


VIVAnews - Indover Bank pada akhir 2007 masih membukukan keuntungan Euro 2,3 juta. Keuntungan itu diperoleh setelah tiga tahun berturut-turut menderita kerugian.

"Kenaikan laba diperoleh dari kenaikan pendapatan bunga," ujar Direktur Pelaksana Indover, Nana Supriana seperti tertulis dalam laporan keuangan akhir 2007.

Pendapatan bunga naik Euro 4 juta menjadi Euro 20 juta. Sedangkan, biaya operasional sudah jauh berkurang hingga Euro 10 juta dibandingkan pada 2003.

Pada tahun ini, Indover memang sudah mengidentifikasi sejumlah risiko yang dapat menimbulkan dampak besar bagi kondisi keuangan perusahaan. Risiko itu, khususnya terkait dengan persoalan  pinjaman yang dapat menekan valuasi portofolio investasi dan kapasitas Indover dalam mengelola risiko.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Kekhawatiran Indover terbukti dengan langkah Bank Sentral Belanda (De Nederlandsche Bank) dua pekan lalu. Saat itu, Bank Sentral Belanda menyatakan pengadilan Belanda telah memutuskan untuk membekukan kegiatan operasional Indover Bank  yang berkedudukan di Amsterduam.

Pembekukan operasi berlaku mulai 7 Oktober 2008 dan dilakukan setelah Indover mengalami kesulitan likuiditas sebagai dampak dari gejolak pasar keuangan global.

Kesulitan likuiditas yang dialami Indover Bank diperkirakan tidak akan dapat diselesaikan dalam jangka pendek. Apalagi, ketidakpastian yang tinggi atas berlangsungnya keketatan likuiditas di pasar uang global. Itu bisa meningkatkan risiko mitranya di pasar uang antar bank secara global.

Bank Indonesia selaku pemilik 100 persen Indover mengakui keberadaan dana milik bank lokal di bank yang berbasis di Belanda itu. Namun Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Miranda S Goeltom belum bersedia menyebutkan jumlahnya. Alasannya ia lupa dan tidak ingat persis angkanya. "Tapi ada," aku Miranda di Gedung DPR.

Bank Indonesia saat ini tengah mengonsultasikan masalah tersebut dengan  Komisi Keuangan DPR untuk membantu mencari solusi. Pertemuan pertama digelar hari ini dan akan dilanjutkan Rabu 22 Oktober 2008.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024