Krisis Politik Thailand

PM Abhisit Diganggu Mosi Tidak Percaya

VIVAnews - Perdana Menteri (PM) Thailand, Abhisit Vejjajiva, mendapat mosi tidak percaya dari partai oposisi Puea Thai, Kamis 12 Maret 2009. Selain Abhisit, lima menteri kabinet juga menerima mosi tersebut.

Kelima menteri tersebut adalah menteri luar negeri Kasit Piromya, menteri keuangan Korn Chatikavanij, deputi menteri keuangan Pradit Phataraprasit, deputi menteri dalam negeri Boonjong Wongtrarat, dan menteri dalam negeri Chavarat Charnvirakul.

Seperti dikutip dari laman harian Bangkok Post, Kamis 12 Maret 2009, Chavarat merupakan menteri terakhir yang akhirnya masuk dalam daftar. Anggota parlemen dari Partai Puea Thai, Chalerm Yubamrung, mengatakan keputusan memasukkan Chavarat di menit-menit terakhir bukan karena pengaruh dari luar partai.

Mosi tidak percaya tersebut keluar sehari setelah Puea Thai mengeluarkan mosi tuduhan kepada Abhisit, yang baru dilantik sebagai PM 17 Desember 2008. Mosi tersebut menuduh Abhisit melakukan pelanggaran konstitusi untuk merebut jabatan dan penyalahgunaan kekuasaan.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024