Kecanduan Kerja Picu Gangguan Lambung

VIVAnews - Ada kabar buruk untuk pecandu kerja atau workacholic. Bila Anda punya kebiasaan bekerja tanpa mengenal waktu, ternyata berpotensi tinggi terserang gangguan lambung. “Kebiasaan lupa makan, dan stres akibat pekerjaan menumpuk dapat menjadi biang keladi terganggunya kesehatan pencernaan,” kata dr.Hindrawati SpPD, ahli penyakit dalam.

Umumnya, dr. Hindrawati menjelaskan gangguan lambung disebabkan oleh pola makan tidak teratur, penggunaan obat-obatan, seperti obat pereda sakit, infeksi, stres atau depresi hingga komplikasi dengan penyakit lain. Rasa cemas yang diikuti stres dapat mempengaruhi sistem saraf pusat sehingga mengakibatkan gangguan motilitas (gerakan) lambung.

Pada dasarnya sekresi asam lambung dipengaruhi oleh saraf dan hormon. Sistem saraf yang bekerja adalah saraf simpatis dan parasimpatis. Sedangkan hormon yang bekerja adalah hormon gastrin, histamin, somatostasin, serotonin dan glukagon.

Secara teknis rasa cemas akibat pekerjaan menyebabkan saraf simpatis bekerja lebih aktif menstimulas hormon cathecholamin. Akibatnya, hormon tersebut akan meningkat dan menyebabkan sekresi asam lambung ikut melonjak.

Cara mudah mencegah dan menangani keluhan kesehatan ini adalah dengan memperbaiki pola makan, gaya hidup dan menjauhi stres.  Bila Anda dituntut untuk sering kerja lembur, sebaiknya kerjakan semua tugas kantor dengan tenang sehingga Anda jauh dari rasa cemas berlebihan.  Selain itu, luangkan sedikit waktu untuk bersantai  tanpa memikirkan urusan pekerjaan.

Jika stres yang memicu gangguan lambung, Anda perlu menjalani beberapa prosedur diagnosis. Dokter akan terlebih dahulu mencari tahu riwayat timbulnya penyakit. Misalnya, apa yang membuat Anda stres.

Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah

Tahap selanjutnya dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium. Biasanya, dokter juga akan melakukan pemeriksaan gastroduodenoskopi dan biopsi yang kemudian dilanjutkan dengan diagnosis banding dengan kasus gangguan lambung akibat sebab lainnya.

Karena itu, sebaiknya problem lambung ini jangan disepelekan. Masalahnya, bila keluhan ini dibiarkan berlanjut terus-menerus, bagian pencernaan lainnya, seperti usus besar juga bisa diserang. Akibatnya, dapat muncul peradangan atau infeksi.

Zara, anak Ridwan Kamil.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

Meskipun masih ada yang mengkritiknya, banyak juga yang merasa lega karena putri Ridwan Kamil dan Atalia Praratya ini tidak memiliki niat untuk berpenampilan terbuka.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024