Kampanye Digital

Obama Bidik Gamers via Iklan Xbox Live

Barack Obama jorjoran berkampanye advertorial di minggu terakhir sebelum pemilihan presiden 4 November mendatang. Hal ini dibuktikannya dengan menempuh kampanye digital di dalam 18 jenis permainan Microsoft Xbox Live. Kampanye advertorial dalam video game online ini sekaligus mencetak sejarah baru dalam politik Amerika Serikat.

Senator Partai Demokrat asal Illnois tersebut, mengunakan periklanan Internet dalam konsol untuk mempromosikan registrasi pemilih online dan mengukuhkan dirinya sebagai pemegang setir di 10 medan "perang" negara bagian Amerika Serikat.

Metode kampanye yang baru pertama kali ditempuh dalam dunia politik negara adikuasa ini, dimaksudkan untuk meraih suara dari kalangan pria yang sulit didekati melalui kampanye tradisional.

"Pemain game memiliki demografis yang cukup besar dengan kurun usia mulai 18 hingga 34 tahun," kata Van Baker, seorang analis Gartner Inc, seperti diberitakan Reuters, Senin 20 Oktober 2008.

"Mereka sulit didekati karena jarang meluangkan waktu untuk menonton televisi dan membaca. Jadi, advertorial dalam konsol dapat berpotensi menjadi lahan kampanye baru yang tepat untuk menjangkau mereka," imbuh awak firma riset yang berkantor di San Jose, California tersebut.

Di dalam permainan, kampanye Obama muncul dalam wujud banner atau papan reklame dengan slogan "Early voting has begun," sama seperti yang terpampang dalam situs resminya, VoteForChange.com. Dengan begitu, pemain dapat memberi suara dengan registrasi online termasuk memasukkan identitas diri di tengah bermain.

Adapun sejumlah kampanye advertorial Obama dapat ditemui di 18 jenis permainan, lima di antaranya Guitar Hero 3, The Incredible Hulk, hingga segmen olahraga seperti NASCAR 09, NBA Live 08, dan NFL Tour.

Berdasarkan lokasi, Baker menjelaskan, ada 10 negara bagian yang berpotensi besar untuk dijangkau Obama dengan metode baru ini, yakni Ohio, Iowa, Indiana, Montana, Wisconsin, North Coralina, Nevada, New Mexico, Florida dan Colorado.

"Iklan-iklan tersebut akan membantu kami memperluas jangkauan VoteForChange.com. Kami terus berupaya agar memungkinkan voting dengan cara-cara yang mudah ditempuh untuk segmen-segmen tertentu, sehingga suara mereka dapat terhitung," kata Nick Shapiro selaku jurubicara kampanye Barrack Obama.

Hingga kini dilaporkan situs VoteForChange.com telah dikunjungi sekitar lima juta orang sejak 25 Agustus lalu, dan lebih dari 774.000 di antaranya telah mengunduh formulir registrasi pemilih.

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas
Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Nikita Mirzani bercerita mendapatkan kekerasan baik secara fisik maupun mental dari sang mantan kekasih.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024