Tiga Anggota Bali Nine Divonis Mati

Ibu Terpidana Mati Curhat ke Wartawan

VIVAnews - Tiga dari sembilan terpidana kasus penyelundupan 8,2 kilogram heroin di Bali pada 2005—dikenal dengan sebutan Bali Nine-divonis mati. Tiga warga Australia, Myuran Sukumaran (27), Andrew Chan (25), dan Scott Anthony Rush (23) hanya bisa menunggu waktu kematian mereka.

Sementara, keluarga mereka di Australia dirundung duka. Sekian lama bungkam, keluarga Myuran Sukumaran dan Andrew Chan akhirnya buka suara.

Sambil memegang foto putranya, Rajini Sukumaran mengatakan dia merasa tanpa daya sejak Myuran terlibat dalam penyelundupan 8,2 kilogram heroin dari Bali ke Australia di 2005.

"Saya merasa serba salah, terutama saat malam hari saat akan tidur. Saya hanya berbaring memikirkan dia, kemudian saya berdoa. Saat bangun pagi, anak saya kembali terlintas. Saya pun kembali berdoa," kata sang ibu seperti dikutip laman berita Australia, Heraldsun, Jumat 13 Maret 2009.

Tak ada lagi upaya hukum yang bisa diajukan Myuran. Sebab, vonis mati adalah putusan peninjauan kembali, yang merupakan upaya pamungkas dalam sistem hukum Indonesia. Sedangkan lima anggota Bali Nine lainnya divonis seumur hidup yakni Nine, Tan Duc Tanh Nguyenh, Si Yi Chen, Matthew James Norman, Martin Eric Stephens dan Michael William Czugaj. Sedangkan Renae Lawrence divonis 20 tahun bui.

Rajini hanya bisa berharap Myuran bisa lolos dari takdir mati di depan regu penembak. "Setiap sudut di rumah ini, mengingatkan saya pada dia," kata Rajini. Beberapa orang, lanjut dia, selalu berangan-angan bisa memundurkan waktu. "Saya ingin kembali ke 17 April 2005, berharap hari itu tak pernah ada," kata dia.

Duka juga menyelimuti saudara kandung Myuran, Chintu.  Menurut dia, Myuran adalah pemersatu keluarga. "Muran yang mengembalikan tradisi makan bersama keluarga dan selalu bisa membuat tersenyum," kata Chintu.

Kehilangan Myuran, lanjut dia, tak tergantikan. "Semua ini telah mengubah hidup saya. Saya pikir saya tak akan lagi merasakan kegembiraan," kata Chintu.

Secara terpisah, saudara kandung, Andrew Chan, Michael mengatakan keluarga masih punya setitik harap tak akan ada eksekusi bagi Andrew. Tiap kali mengunjungi saudarannya, cerita Michael, mereka selalu membicarakan hal-hal sehari-hari, tentang sepak bola, kehidupan keluarga, apapun. "Namun saya tak mungkin menanyakan, bagaimana kehidupan dia sehari-hari. Hidup terkurung di penjara, semuanya akan tampak sama bagi dia.

Meski Dilarang AS dan Barat, Israel 'Keukeuh' Akan Tetap Kembali Serang Iran
Ilustrasi Matahari

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Sebagian besar negara di dunia mengalami siklus siang dan malam, tetapi ada negara-negara di mana fenomena matahari tengah malam terjadi, yang artinya matahari terus ada

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024