Barack Obama Telepon SBY Selama 5 Menit

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tiba-tiba mendapatkan telepon saat sedang istirahat di kediamannya di Cikeas. Telepon berasal dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Setelah bersapa sebentar dalam bahasa Indonesia, Presiden Obama bertanya soal kabar Yudhoyono. Yudhoyono menjawab, "Baik-baik saja."

Kemudian kedua pemimpin itu membahas soal kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia. "Membahas kemitraan komprehensif RI-AS dan persiapan KTT G-20 di London ," kata juru bicara kepresidenan, Dino Patti Djalal dalam pesan singkatnya yang diterima VIVAnews, Jumat 13 Maret 2009.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

Pertemuan negara-negara G20 di London itu digelar awal April nanti.  Presiden SBY direncanakan hadir tapi bakal cepat pulang karena bertepatan dengan agenda Pemilu legislatif yang di gelar 9 April nanti.Kedua negara sepakat mensukseskan pertemuan itu.

Salah satu agenda dalam pertemuan negara negara G20 di London nanti adalah soal ketersediaan dana bagi negara berkembang kesulitan likuiditas akibat krisis global. Bank Pembangunan Multilateral (Multilateral Development Banks/MDBs) akan berkontribusi untuk menjamin ketersediaan dana itu. Diharapkan dari pertemuan di London itu jumlah dana yang bisa dimobilisasi sekitar US$ 200 miliar.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Tema lain yang diharapkan akan dibahas di London itu adalah soal reformasi World Bank dan lembaga keuangan dunia lainnya. “Perlu reformasi governance MDBs seperti World Bank, ADB agar lebih sesuai dengan situasi yang mencerminkan keseimbangan dari negara-negara berkembang. "Porsi ASEAN, Cina, harus dilibatkan dalam pengambilan keputusan. IMF jangan lagi hanya melibatkan AS dan Eropa saja," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Selain membicarakan rencana kerjasama dalam G20 itu, dalam telepon dengan SBY, Obama juga ingin bekerjasama dengan Indonesia untuk isu-isu global seperti perubahan iklim.

Pembicaraan terjadi pada pukul 19.45. Dan berlangsung selama lima menit.

Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia
VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024