Mari Menghitung Dana Pernikahan

VIVAnews - Pernikahan merupakan sesuatu yang harus dipersiapkan. Sebelum anda menyiapkan dana untuk acar pernikahan, anda harus memperhatikan hal-hal yang menyangkut acara pernikahan.

Pertama, siapa penyelenggara pernikahan. Nah, sebelum masuk kepada teknis penyelenggaraan pernikahan, ada empat poin penting dalam perhelatan akbar acara pernikahan. Dan itu pun tergantung dari keinginan, suku atau adat. Berikut empat hal penting itu:

1. Dari keluarga perempuan, umumnya jika calon pengantin berasal dari suku Jawa
2. Keluarga laki-laki, misalnya pengantin berasal dari daerah Sulawesi
3. Kerjasama keluarga, yaitu kedua keluarga sepakat sama-sama menanggung biaya pernikahan
4. Sang pengantin, biasa dilakukan jika posisi keuangan pengantin sudah cukup. Cara ini lebih baik dilakukan karena sang pengantin mempunyai posisi tawar yang lebih bagus.

Menurut perencana keuangan Safir Senduk, beberapa tips yang bisa dijadikan referensi untuk persiapan dana pernikahan. Pertama, acara pernikahan akan lebih sesuai dengan keinginan calon pengantin, jika biaya ditanggung oleh pengantin.

Hal itu dikarenakan posisi tawar pengantin lebih besar, dibandingkan keinginan keluarga. Ingatlah, sumbangan atau amplop yang masuk dalam buku tamu bukan masuk ke kantong pengantin, namun masuk ke penyelenggara pernikahan

Menikah tidak harus kaya terlebih dahulu, atau memiliki rumah. Yang terpenting anda mempunyai tabungan sebelum menikah. "Mempunyai rumah bagus biasanya dimiliki orang pada usia 40 tahun," kata Safir dalam seminar menuju pernikahan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 Maret 2009.

Jika orang tua ingin menyelenggarakan pesta pernikahan dengan bermewah-mewah, maka lebih baik anda menyarankan lebih baik biaya besar pernikahan dialihkan ke barang-barang pribadi seperti ranjang, atau peralatan furniture lainnya.

Chandrika Chika Ngaku Udah Pakai Narkoba Satu Tahun
Surya Paloh temui Cak Imin di Nasdem Tower, Selasa 23 April 2024

NasDem Belum Jelas Oposisi atau Gabung Pemerintah, Cak Imin: Mau Nanya Itu Sungkan

Partai Nasdem mengakui bahwa belum bisa menentukan sikapnya dalam bergabung atau tidaknya ke pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024