Kemandirian Bagus Bagi Anak Penderita Kanker

VIVAnews - Kemandirian anak penderita kanker bisa menimbulkan semangat dan mengurangi ketergantungan kepada orangtua. Bahkan setelah sembuh, survivor (anak yang terbebas dari penyakit kanker) lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.
 
Ketua Panitia Peringatan Hari Kanker Anak Internasional 2009 Zanty Kurnia mengatakan perawatan kanker pada anak umumnya menghabiskan waktu dua hingga lima tahun.

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

"Selama pengobatan, biasanya orangtua overprotektif akhirnya timbul ketergantungan penderita terhadap orangtua," ujarnya di sela-sela peringatan Hari Onkologi Anak di Rumah sakit Kanker Dharmais Jakarta, Minggu 15 maret 2009.
 
Dia menambahkan, cara memupuk kemandirian anak penderita kanker sebetulnya dapat dilakukan tanpa bantuan orangtua melalui aktivitas sederhana dan mudah.

Seperti, kata dia, kegiatan meningkatkan kreativitas dan kemandirian bisa memberikan efek positif bagi kemandirian dan percaya diri mereka. "Nantinya, akan berpengaruh pada kemampuan anak melalui penyakit tersebut dan setelah sembuh," tutur Zanty.
 
Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), Zanty mengatakan memiliki berbagai kegiatan bersama para penderita dan survivor.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

Sementara itu, pada peringatan Hari Kanker Anak Internasional 2009 di RS Kanker Dharmais Jakarta, lebih dari 100 anak penderita kanker dan anak yang terbebas dari kanker menggambar pada kain berbentuk kupu-kupu.

Ternyata, aksi mereka berhasil memecahkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri), serta Walk a Thon yang hasilnya akan disumbangkan membantu pengobatan kanker pada anak.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor usai halal bihalal di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

KPK berencana akan memanggil Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor pada pekan depan terkait dugaan korupsi pemotongan insentif pegawai BPBD di Sidoarjo.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024