Cuti Kampanye

Yudhoyono: Saya Cuti Setiap Jumat

VIVAnews - Kampanye pemilu 2009 mulai dilaksanakan Senin 16 Maret 2009. Semua tokoh partai sibuk meraih simpati para pemilih, tak terkecuali Susilo Bambang Yudhoyono.

"Saya juga akan mengikuti kegiatan-kegiatan Partai Demokrat," kata Yudhoyono di hadapan para wartawan di kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, Minggu 15 Maret 2009.

Meski demikian, Yudhoyono mengatakan itu tak berarti dia meninggalkan kewajibannya sebagai presiden. "Saya akan mengambil satu hari kerja setiap Jumat. Di luar itu saya akan tetap menjalankan tugas kenegaraan," kata Yudhoyono.

Meski demikian, dalam kondisi darurat, dia akan meninggalkan kampanye. "Jangan kira kalau presiden kampanye terus tidak jalankan pemerintahan dengan baik," kata Yudhoyono.

Selain Yudhoyono, 16 menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang juga akan mengikuti kampanye. Yudhoyono menjamin para menteri-menterinya tetap menjalankan tugasnya dengan baik. Yudhoyono bahkan berani pasang badan. "Saya pastikan menteri-menteri tetap akan menjalankan tugasnya dengan baik. Saya bertanggungjawab, saya bisa pertanggungjawabkan mereka," tambah dia.

Sebelum para pembantu kabinetnya mengambil ijin kampanye, Yudhoyono menanyai mereka satu persatu. "Apakah tetap menjalankan tugasnya dan mereka menjalankan tugas-tugas kenegaraan. Mereka bilang masih sanggup," kata Yudhoyono.

Satu dua menteri, tambah Yudhoyono, akan cuti bergiliran. "Kabinet saya pastikan tetap berjalan dengan normal, tetap efektif. Saya tetap pegang komando terhadap kerja kabinet, agenda pemerintahan tetap berjalan.

Hak cuti bagi pejabat negara telah diatur dalam lembaran negara. Mereka diperbolehkan mengajukan cuti pada hari kerja satu hari dalam sepekan. Aturan ini berlaku bukan hanya bagi Presiden, Wakil Presiden. Pejabat setingkat menteri, gubernur, bupati hingga walikota juga dapat mengambil cuti untuk kampanye.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024