Deklarasi Kampanye Damai

Wiranto Janji Hanura Tak Akan Curang

VIVAnews -Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto hadir dalam acara deklarasi kampanye damai partai politik peserta pemilu 2009. Datang mengenakan baju oranye, Wiranto mengatakan Hanura sudah terlebih dulu membuat deklarasi.

Pada Sabtu 14 Maret 2009 Hanura dan beberapa partai lain membentuk Poros Penegak Kebenaran. Menurut Wiranto, poros tersebut adalah jaminan Hanura tak akan curang dalam kampanye. "Kalau kami sudah masuk wilayah poros kebenaran itu, masa mau curang [kampanye]," kata Wiranto di Hall D Pekan Raya Jakarta, Senin 16 Maret 2009.

Poros penegak kebenaran dibentuk sembilan partai, yakni Hanura, PDP, PMB, PKNU, PDS, Partai Buruh, PIS, PBR, dan PPRN untuk mengantisipasi kecurangan di TPS-TPS pada pemilu legislatif.

Deklarasi kampanye damai, kata Wiranto, diharapkan tak hanya sekedar formalitas atau menjadi acara seremonial semata. "Kalau cuma seremonial atau formalitas untuk apa", kata Wiranto. Deklarasi semacam ini, dia menambahkan, merupakan kesempatan untuk membangun pemerintahan yang kuat.
 
Secara terpisah, Sekjen PPP, Irgan Khoiri Mahfudz mengatakan bahwa deklarasi kampanye damai yang diprakarsai KPU merupakan langkah efektif. PPP, kata dia, akan mengurangi volume pengerahan massa ke jalan dalam kampanye terbuka ini nanti. "Kami akan lebih banyak kampanye dialogis dengan masyarakat," kata dia.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram
Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024