Blog Jusuf Kalla

"Saya dan Yudhoyono Ibarat Main Musik Jazz"

VIVAnews - Pekan lalu Wakil Presiden Jusuf Kalla menyaksikan aksi para musisi jazz di Java Jazz Festival. Dalam suasana menjelang pemilu, Kalla pun mengandaikan hubungannya dengan Susilo Bambang Yudhoyono ibarat permainan jazz.

Penuturan itu disampaikan sang Ketua Umum Partai Golkar dalam tulisan blog di jusufkalla.kompasiana.com. Tulisan yang dimuat tanggal 7 Maret 2009 itu diawali Kalla dengan kekagumannya dengan Jason Mraz, musisi yang sedang naik daun dengan lagu I'm Yours.

"Saya sempat tercengang menyaksikan penampilan dari Jason Mraz dalam memainkan musik jazz," tulis Kalla. Secara umum, perhelatan Java Jazz itu menurut Kalla sebagai gambaran kondisi Indonesia yang sudah aman.

Banyak artis luar negeri yang datang itu menandakan, Indonesia sudah dianggap sebagai negara yang aman. Karena menurut Wakil Presiden yang siap menjadi calon presiden ini, orang luar negeri tidak lagi takut masuk ke Indonesia.

Kekaguman Kalla pada musik jazz pun dikesankan dalam sisi politis. Kalla menganggap, musik jazz merupakan musik yang paling demokratis. Sebab, memberikan kesempatan kepada pemainnya untuk improvisasi, namun tetap berada dalam satu bingkai permainan, yang kemudian disebut sebagai Jamz Session.

"Kalau mau melihat lebih jauh lagi antara saya dengan Yudhoyono seperti memainkan musik jazz. Masing-masing dari kami punya cara bermain dan improvisasi. Namun tetap berada pada satu koridor dalam satu bingkai, yakni kepentingan bangsa," tulis Kalla.

Ditulis pula bahwa, setiap kami (Yudhoyono-Kalla) punya gaya. Kalla menilai, Yudhoyono mungkin bermain dengan gaya musik Jazz yang slow. Sedangkan dirinya bermain dengan irama yang cepat. "Namun itu tidak berarti akan menghasilkan suara yang sumbang tapi ada dinamika di dalamnya," tulis Kalla.

Bahkan bisa dibilang kabinet indonesia bersatu, seperti sekelompok pemain jazz swing, dengan ciri utama bermain secara kolektif. Tapi, lanjut Kalla, setiap pemain dapat menunjukkan performansi solo untuk mengimprovisasi melodi utamanya.

Menkominfo Lagi Semringah
contraflow di Tol Cikampek/Ilustrasi.

Jasa Marga Sebut Contraflow Diberlakukan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Siang Ini

Contraflow diterapkan di lajur arah Cikampek.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024