Menjelang Pemilu 2009 di Aceh

Operasi Sikat Rencong Tangkap 9 Tersangka

VIVAnews - Semakin dekat pelaksanaan pemilu, Kepolisian RI terus meningkatkan Operasi Sikat Rencong di Nanggroe Aceh Darussalam. Polisi pun sudah membekuk sembilan tersangka dan beberapa barang bukti yang disita.

"Kami menyita beberapa senjata api dan sembilan tersangka sudah berhasil tangkap," kata Kepala Polri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri, usai bertemu Presiden, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 16 Maret 2009.

Suasana menjelang pemilu di Aceh memang memanas. Salah satu kejadiannya adalah pelemparan granat di kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Aceh di Jalan SA Mahmudsyah, Banda Aceh, pada 13 Januari 2009. Kantor partai lokal ini rusak, namun tak ada korban jiwa. Hingga kini polisi belum menemukan pelakunya.

Sebelumnya, peledakan juga terjadi di rumah Muzakkir Manaf, yang juga Ketua Umum Partai Aceh, di Lamreung, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, pada Selasa 9 September 2009.

Muzakkir Manaf adalah mantan panglima GAM. Setelah penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Pemerintah RI dan pihak GAM di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005, Muzakkir turun gunung.

Setelah itulah lahir sejumlah partai lokal di Aceh yang jumlahnya mencapai 12 partai, yaitu Partai Aceh, Partai Generasi Aceh Beusaboh Thaat dan Taqwa, Partai Serambi Persada Nusantara Serikat, Partai Aliansi Rakyat Aceh, Partai Darussalam, Partai Aceh Meudaulat, Partai Lokal Aceh, Partai Daulat Aceh, Partai Pemersatu Muslimin Aceh, Partai Rakyat Aceh, Partai Bersatu Aceh, Partai Suara Independen Rakyat Aceh.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024