Pemda Harus Aktif Cari Dana Pembangunan Rumah

VIVAnews - Pemerintah Daerah diminta proaktif untuk memperoleh dana pembangunan rumah sederhana dan layak huni. Menteri Negara Perumahan Rakyat Yusuf Asy'ari mengatakan hal itu saat membuka rapat koordinasi dan sinkronisasi program pembangunan perumahan dan pemukiman Provinsi NTB di Hotel Jayakarta Mataram, Senin 16 Maret 2009.

Menpera Yusuf Asy'ari mengatakan beberapa departemen seperti TNI/Polri dan DKP saat ini mempunyai dana subsidi untuk perumahan rakyat. Khusus DKP punya program perumahan untuk nelayan. Rakyat miskin yang tidak punya rumah setidaknya dapat mengajukan diri untuk memperoleh rumah bersubsidi.

Masing-masing pemerintah kabupaten, kota dan provinsi harus berani mengetuk pintu masing-masing departemen yang punya program subsidi perumahan. "Dana subsidi itu harus disinergikan dengan dana yang dimiliki daerah sehingga program perumahan untuk masyarakat miskin itu bisa berjalan maksimal," katanya dihadapan peserta rakorda di Mataram.

Lebih lanjut dia menegaskan, kebutuhan rumah sederhana yang layak huni sangat dibutuhkan masyarakat yang tinggal di Pulau Lombok. Saat ini penduduk Pulau Lombok sudah mulai padat sehingga dengan ketersediaan rumah layak huni itu dapat menghindarkan Pulau Lombok dari kekumuhan.

Maka itu keterlibatan pemerintah Kabupaten dan Kota dalam mewujudkan program itu harus dibuktikan. Artinya pemerintah kabupaten, kota dan provinsi harus punya target pemenuhan rumah sederhana dan sehat. "Kalau mau bantu subsidi rumah ya bantu saja, nggak perlu tanya apa partainya," ujarnya.

Sementara itu Pemerintah NTB telah menuntaskan program rumah sederhana untuk masyarakat Lombok. Sebanyak 110 unit rumah masing-masing 70 unit rumah untuk Lombok Timur dan 40 unit rumah untuk masyarakat Lombok Tengah sudah dibangun.

Wika Salim Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana

Masyarakat memperoleh dana swadaya sebesar Rp20 juta rupiah untuk setiap rumah layak huni dari pemerintah daerah.Tahun 2009 ini provinsi NTB menargetkan dapat membantu membangun 500 unit rumah layak huni untuk masyarakat.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Timnas Indonesia U-23

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia akan menghadapi Australia dalam lanjutan Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah bin Nasser pada Kamis malam nanti, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024