Sembilan WNI Hilang di Perairan Jepang

Jepang Hentikan Operasi Pencarian Khusus

VIVAnews - Tim Penjaga Pantai Jepang hari ini, 17 Maret 2009, menghentikan operasi pencarian khusus untuk menemukan sembilan Anak Buah Kapal (ABK) warga Indonesia yang hilang akibat tabrakan dua kapal kargo di perairan Pulau Izu Oshima tujuh hari lalu. Selain mereka, juga terdapat tujuh ABK Korea Selatan (Korsel) yang hingga kini belum ditemukan.

Demikian ungkap Kepala Penerangan Kedutaan Besar RI di Tokyo, Dwatmaji Hanomanresi, kepada VIVAnews melalui telepon, Selasa 17 Maret 2009.

Operasi pencarian yang telah berlangsung kurang lebih satu pekan ini dihentikan karena tim pencari tidak menemukan apapun di titik lokasi tenggelamnya Kapal Orchid Pia yang bertabrakan dengan kapal Cygnus Ace, Selasa pagi 10 Maret 2009.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Operasi pencarian khusus itu, kata Dwatmaji, diteruskan dengan operasi rutin. "Jadi sekarang pencarian tidak berpusat pada satu titik di lokasi tenggelamnya kapal, tetapi sudah menyebar ke area lain seperti biasanya," kata Dwatmaji.

Menurut saat ini, tim penyelamat belum memberikan pernyataan resmi apakah penumpang yang tenggelam, termasuk sembilan warga Indonesia, sudah meninggal atau masih berstatus hilang. "Kami masih menantikan pernyataan resmi dari mereka, tetapi mereka masih memiliki optimisme," kata Dwatmaji.

Sementara itu, juru bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) di Jakarta, Teuku Faizasyah, mengatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui bahwa dalam dua hari terakhir jumlah armada penyelamat Jepang memang sudah dikurangi. Sebelumnya, tim pencari mengerahkan sepuluh kapal dan dua belas pesawat.

Deplu belum memberi tahu keluarga korban bahwa pencarian telah dihentikan. "Sesuai prosedur, kami masih menunggu pernyataan resmi dari pemerintah Jepang, baru bisa memberi tahu keluarga," kata Faizasyah.

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

Untuk mengetahui data sembilan WNI yang hilang akibat kecelakaan kapal kargo di Jepang, klik di sini

Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024