Semen Gresik Ekspansi ke Asia Tenggara

VIVAnews - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) berharap akuisisi satu perusahaan semen di Asia Tenggara rampung tahun ini. Aksi korporasi tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pangsa pasar perseroan di mancanegara.

Perseroan telah menunjuk Credit Suisse untuk mengkaji aksi korporasi tersebut. Beberapa negara yang sempat dijajaki perseroan di antaranya Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Wakil Direktur Utama Semen Gresik, Heru D Adhiningrat, mengatakan, ekspansi di mancanegara menjadi prioritas perseroan untuk mengurangi ketergantungan di pasar domestik.

"Advisor kami (Credit Suisse) masih mengkaji kemungkinan sumber pendanaannya. Penerbitan sukuk juga menjadi salah satu opsi," kata Heru usai konferensi pers perseroan di Hotel Grand Melia, Jakarta, Selasa 17 Maret 2009.

Heru menambahkan, pihaknya berharap bisa menjadi pemegang saham mayoritas pada perusahaan yang akan diakuisisi tersebut. Namun, hal itu akan tergantung kepada pemilik mayoritas perusahaan yang akan diakuisisi.

Semen Gresik juga akan mempertimbangkan imbal hasil dari akuisisi jika perseroan hanya menjadi pemegang saham minoritas. "Banyak yang kami pertimbangkan," tuturnya.

Dia menjelaskan, pihaknya telah bertemu banyak perusahaan asing. Namun, dirinya enggan menjelaskan lebih detail. 

Direktur Utama Semen Gresik, Dwi Soetjipto, menambahkan, pangsa pasar perseroan di dalam negeri mencapai 43,7 persen. Menurut dia, ekspansi merupakan upaya perubahan budaya perseroan. Meski demikian, perseroan akan tetap terukur pada risiko.

"Jika terjadi kenaikan harga semen di domestik, pasar mancanegara bisa menjadi alternatif," katanya.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024