Mantan Kapolda Jatim Mundur dari Kepolisian

"Ada Orang Luar yang Menggerakan Polri"

VIVAnews - Pernyataan mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Herman Suryadi Wiredja bahwa pencopotan dirinya ada kaitannya dengan kasus dugaan pemalsuan daftar pemilih tetap dalam pilkada Jawa Timur, menuai reaksi kubu Khofifah Indar Parawangsa.

"Ini kejahatan, persekongkolan, dan termasuk ke dalam tindak pidana," kata penasehat hukum pasangan Khofifah-Mudjiono (Kaji), Andi M Asrun kepada VIVAnews, Selasa 17 Maret 2009.

Kejadian tersebut, kata Asrun, adalah bukti polisi memperlihatkan ketidaknetralannya dalam politik. "Ada orang luar yang menggerakan Polri untuk kepentingan kekuasaan," tambah dia.

Kubu Kaji menilai pengunduran diri Herman dari kepolisian memperlihatkan persoalan nyang serius. "Apalagi, yang bersangkutan sudah menyatakan adanya intervensi," Asrun menambahkan.

Bukannya membela diri, kata dia, Polri seharusnya bertindak. Jika memang terbukti ada pihak-pihak yang melakukan intervensi harus ditindak.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Herman Suryadi Wiredja menyatakan mundur dari dunia kepolisian sejak 19 Februari 2009. Dia mengaku kecewa atas dihentikannya penyidikan kasus dugaan pemalsuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pilkada Jawa Timur.

Herman mengungkapkan ada intervensi Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji untuk menghentikan perkara pemalsuan daftar pemilih yang menyeret Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Timur, Wahyudi Purnomo sebagai tersangka.

Kasus pemalsuan daftar pemilih berawal dari laporan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Khofifah Indar Parawangsa-Mudjiono (Kaji). Dari 368 sampel lembar DPT berisi 128.390 data pemilih yang dilampirkan pihak Kaji, ditemukan 29.949 suara yang datanya fiktif atau tidak benar.

Baca juga: Kapolri Bantah Tudingan Mantan Kapolda Jatim

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024