Riset CIMB-GK Securities

Saham Jasa Marga Outperform

VIVAnews - Riset PT CIMB-GK Securities Indonesia menilai akuisisi empat ruas tol terbaru PT Jasa Marga Tbk (JSMR) positif dari perspektif operasional dan finansial.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Akuisisi tersebut dapat meningkatkan volume pengguna jalan tol, menyediakan efisiensi operasional dan kesempatan menghemat biaya. Selain itu, akuisisi berpotensi memicu pertumbuhan volume karena lokasi di kota besar.

Analis CIMB-GK Securities Indonesia, Liliana S Bambang, dalam risetnya tentang Jasa Marga edisi Rabu 18 Maret 2009, mengatakan, tiga akuisisi ruas tol, Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, dan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR) W-1 mengontribusi 76 persen dari pendapatan Jasa Marga.

"Akuisisi ruas tol Surabaya-Mojokerto juga strategis, karena dihubungkan dengan jalan tol milik Jasa Marga lainnya," kata dia dalam risetnya itu di Jakarta.

Dia menjelaskan, jalan tol di kawasan Jakarta dan sekitarnya merupakan ruas dengan tingkat kemacetan tinggi. Rata-rata volume traffic mencapai 232 ribu mobil per hari dibandingkan luar Jakarta 62 ribu mobil per hari.

Dengan akuisisi tersebut dan rencana konstruksi beberapa ruas tol, pengelolaan jalan tol Jasa Marga akan bertambah menjadi 700 kilometer dari sebelumnya 500 kilometer dalam 3-4 tahun ke depan.

"Ke depan, fokus Jasa Marga sebagai operator jalan tol dan bukan investor," ujarnya. Jasa Marga akan mendivestasi penyertaan saham minoritas.

"Kami menilai langkah ini positif karena lebih banyak memberi nilai tambah bagi Jasa Marga," katanya.

Per 30 September 2008, Jasa Marga masih memiliki cadangan kas Rp 3,4 triliun dari sisa dana penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). Perseroan dapat mendanai akuisisi dari kas internal.

Namun, bila perseroan memerlukan kredit dari eksternal, estimasi sekitar Rp 10,5 triliun untuk pembelian lahan dan konstruksi, Jasa Marga diperkirakan dapat memperolehnya.

"Karena credit history yang baik serta komitmen dari sejumlah bank BUMN," tuturnya.

Untuk itu, CIMB-GK Securities Indonesia menaikkan peringkat Jasa Marga (JSMR) dari neutral menjadi outperform dengan target harga Rp 1.090 dari sebelumnya Rp 1.050.

Target itu mempertimbangkan penambahan penyertaan saham serta penilaian positif Jasa Marga yang akan menjadi operator jalan tol terdepan.

"Kami menggunakan metode DCF (discounted cash flow) dengan WACC (weighted average cost of capital) 13,2-13,7 persen. Apabila tidak ada perkembangan pada ruas tol baru, valuasi Jasa Marga dihargai Rp 840 per saham.

Potensi katalis adalah komitmen pemerintah dalam mengucurkan dana infrastruktur serta regulasi yang lebih baik di industri jalan tol.

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024