Ruang Komisi Keuangan DPR di Geledah

KPK Cari Bukti Keterlibatan Anggota DPR Lain

VIVAnews - Tersangka dugaan suap yang juga anggota Komisi Perhubungan Dewan Perwakilan Rakyat, Abdul Hadi Djamal menyebutkan keterlibatan sejumlah nama rekan sejawatnya. Diantaranya, Jhony Allen Marbun dan Rama Pratama.

Bagaimana keterlibatan dua anggota dewan yang masing-masing berasal dari Fraksi Demokrat dan Fraksi PKS itu? "Sebut saja semua. Nanti kami telusuri," kata Wakil Ketua bidang Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi Bibit Samad Rianto kepada wartawan, Rabu 18 Maret 2009.

Ia mengatakan tugas penyidik komisi antikorupsi adalah menelusuri dugaan korupsi. "Tugas wartawan, ya mengingatkan," kata Bibit sambil tersenyum.

Abdul juga menyebutkan nama Anggito Abimanyu yang mewakili pemerintah ikut dalam pertemuan panitia anggaran pada 19 Februari 2009. Pertemuan itu menghasilkan keputusan menaikkan dana stimulus untuk pembangunan infrastruktur dari Rp 10,2 triliun menjadi Rp 12,2 triliun.

Sedangkan Wakil Ketua Panitia Anggaran Jhony Allen Marbun disebut Abdul Hadi sebagai inisiator dalam pertemuan informal di Hotel Ritz Carlton. "Pertemuan itu merupakan awal mula kasus ini terjadi," kata Abdul Hadi usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 17 Maret 2009.

Semula, stimulus fiskal yang di usulkan pemerintah untuk Departemen Perhubungan adalah Rp 1,3 triliun. Namun dalam rapat anggaran disetujui bertambah menjadi Rp 2,1 triliun. Menurut Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal penambahan proyek tersebut atas usulan dewan.

Setelah stimulus dinaikan, Abdul Hadi menjelaskan,  banyak rekanan yang mendekati pimpinan dan panitia anggaran. Lewat Departemen Perhubungan, Komisaris PT Kurniadjaya Wirabakti Hontjo Kurniawan berusaha mendekati Abdul Hadi Djamal dan Jhonny Allen.

Pada Senin malam, 2 Maret 2009 kasus suap ini terkuak. Abdul Hadi Djamal ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta. Dia ditangkap bersama Komisaris PT Kurnia Jaya Wira Bakti Hontjo Kurniawan dan pegawai Departemen Perhubungan Darmawati Dareho.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024