Misi Angkasa Luar AS

Discovery Merapat di Stasiun Antariksa

VIVAnews - Pesawat ulang-alik Discovery tiba dengan selamat di stasiun angkasa luar (antariksa) internasional Selasa sore, 17 Maret 2009, waktu setempat. Pesawat yang diluncurkan dari Pusat Misi Angkasa Luar Kennedy, Amerika Serikat (AS) pada Minggu (15/3) ini mengantarkan peralatan yang dibutuhkan awak stasiun di luar bumi itu.

"Selamat datang di stasiun luar angkasa, Discovery. Kami sangat gembira dengan kedatanganmu," ujar astronot stasiun luar angkasa Mike Finke melalui radio setelah pendaratan seperti dimuat laman stasiun televisi CNN.

Discovery yang dikendalikan Lee Archambault mengalami keterlambatan pendaratan selama delapan menit. Namun pesawat yang mengangkut tujuh awak ini berhasil mendarat dengan mulus. Salah satu awak, astronot Jepang Koichi Wakata akan tinggal di stasiun antariksa selama tiga bulan untuk menggantikan petugas badan antariksa AS (NASA) Sandy Magnus.

Misi antariksa Discovery seharusnya dilakukan mulai 11 Maret lalu. Namun NASA terpaksa membatalkan peluncurak karena menemukan kebocoran di pipa hidrogen. Peluncuran Discovery juga sempat tertunda selama sebulan karena NASA memerintahkan pengecekan ulang katup pipa hidrogen ke tangki bahan bakar.

Discovery bertugas mengantarkan satu set sayap penerima energi matahari ke stasiun luar angkasa. Sayap-sayap ini akan melengkapi enam sayap yang sudah ada sehingga stasiun luar angkasa itu berada pada kondisi prima.

Discovery sudah harus meninggalkan stasiun sebelum pesawat luar angkasa Rusia Soyuz diluncurkan pada 26 Maret mendatang. Soyuz mengangkut kru-kru baru untuk stasiun.

Dalam penerbangan selama 13 hari itu, Discovery juga membawa sejumlah peralatan sistem daur ulang air baru untuk menggantikan sistem pengolah urin lama. NASA berencana menambah jumlah pekerja di stasiun luar angkasa itu menjadi enam orang pada akhir Mei sehingga sistem pengolahan air harus diperbarui.

12 Konter Fast Track Imigrasi Arab Saudi Siap Layani Keberangkatan Jemaah Haji di Bandara Soetta
 Artis Senior Epy Kusnandar tertangkap atas kasus kepemilikan zat narkoba jenis ganja oleh Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Jumat 10 Mei 2024.

Sosok Epy Kusnandar, Aktor Multitalenta yang Terjerat Kasus Narkoba

Epy Kusnandar, aktor Indonesia yang dikenal luas lewat perannya di preman pensiun, baru-baru ini mengejutkan publik dengan kabar penangkapannya terkait kasus Narkoba

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024