Penemuan Fosil Katak Purba di Irlandia

VIVAnews - Negeri Irlandia di Eropa hampir tidak memiliki sejarah satwa liar berupa reptil dari masa purba. Sebab seluruh kehidupan di bumi habis tersapu saat zaman es.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Tapi para ilmuwan menemukan fosil katak purba yang diperkirakan selamat dari zaman es 10.000 tahun lalu.

Penelitian yang dilakukan Zoological Society of London (ZSL) dan Queen Mary University of London ini menemukan jenis katak Rana temporaria. Spesies katak ini telah bertahan dari kondisi cuaca ekstrim saat zaman es dengan cara menyelamatkan diri di sebuah pohon.

"Fosil ini menunjukkan adanya katak yang berhasil selamat pada zaman es," kata Amber Teacher, kepala penelitian dari ZSL.

"Dan katak ini merupakan satu jenis yang hanya ada di dataran Irlandia Selatan, tidak ditemukan di tempat lain di Eropa."

Tapi jenis katak ini memiliki kemiripan dengan katak di Inggris. Menurut para peneliti, bisa jadi katak di Inggris merupakan evolusi dari jenis katak yang sama.

"Sewaktu daratan Inggris Raya mulai tertutup es, ada katak yang melarikan diri hingga ke daratan yang sekarang menjadi Inggris. Kemudian berkembang dengan katak setempat dan menghasilkan jenis katak baru," ujar Teacher.

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024