Pasar Modal Bakal Pulih Semester Dua 2009

VIVAnews - Pasar modal dunia diperkirakan akan mulai membaik pada semester kedua 2009. Pemulihan ini menyusul perbaikan ekonomi dunia yang diperkirakan akan terjadi pada 2010.

Ekonom Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan, dalam Breakfast Dialogue Meeting di Graha Niaga, Rabu 18 Maret 2009, sebelum ekonomi dunia membaik, perbaikan telah terjadi lebih awal di pasar modal. "Perbaikan ini menyusul, banyak kebijakan yang dikeluarkan untuk meminimalkan krisis keuangan global," katanya.

Sehingga ia memperkirakan pasar modal telah lebih dahulu bergerak sebelum sektor riil mulai membaik di 2010. Pada 2008 lalu, pasar modal dunia mengalami penurunan tajam yang berimbas pada kondisi di dalam negeri. Indeks Harga Saham Gabungan jatuh hingga 50 persen.

Untuk semester pertama ini, menurutnya, masih akan terjadi tekanan berat, termasuk perkiraan rupiah yang melemah sampai level Rp 13 ribu.

"Tapi nanti menjelang akhir tahun ini rupiah sudah akan Rp 10 ribuan," katanya. Hal ini terjadi karena arus modal dunia ke Indonesia diperkirakan sudah mulai masuk. Sebelumnya Menkeu Sri Mulyani mengatakan, selama krisis sebanyak US$ 350 miliar modal dunia terbang dari negara-negara berkembang.

Terpopuler: Ini yang Terjadi Jika Wanita Konsumsi Viagra, Waktu Tidur Bisa Pengaruhi Kondisi Mental
Pemain Timnas Indonesia U-23

Top Trending: Jerome Polin Jadi Sasaran Netizen hingga Imam Masjidil Haram Cari Kuliner Indomie

Artikel mengenai Viral! Imam Masjidil Haram Syekh Sudais Cari Indomie di Stand Kuliner Mahasiswa Indonesia berada di posisi terpopuler pertama pada kanal trending

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024