Kampanye Tak Ganggu Distribusi Pangan

VIVAnews - Deputi Menko Perekonomian Bidang Perikanan dan Pertanian Bayu Krisnamurti memastikan kampanye terbuka yang mulai digelar pekan ini tidak mengganggu kebutuhan pokok dan distribusi pangan. Semuanya berjalan lancar.

"Kampanye terbuka pada bulan ini tidak mempengaruhi kebutuhan pokok dan distribusi. Kita memberikan perhatian kepada produk-produk yang tidak bisa disimpan seperti daging dan telur," kata Bayu dalam jumpa pers di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu 18 Maret 2009.

Bayu juga menjelaskan, dari hasil pemantauan menjelang Pemilu 2009, harga-harga kebutuhan pokok masih dalam level aman. Pemantauan dilakukan di 66 kota dan memperlihatkan pada minggu ketiga Maret 2009, harga cukup stabil. Kebutuhan pokok yang dipantau adalah beras umum, beras termurah, daging ayam, daging sapi, minyak goreng,  minyak kemasan, gula pasir, terigu, cabai merah, bawang merah, telur dan ikan bandeng.

Dari pantauan, beberapa bahan pokok mengalami kenaikan seperti gula pasir 3,08 persen, minyak goreng curah 2,3 persen, bawang merah 10,3 persen, beras umum 0,37 persen, beras termurah 0,21 persen, dan minyak goreng curah 2,3 persen.

Untuk penurunan harga terjadi pada produk cabai merah 4,7 persen, telur 0,8 prsen, daging ayam 2,47 persen, daging sapi 0,15 persen, minyak goreng kemasan 0,6 ersen, dan ikan bandeng 0,62 persen. "Secara umum harga masih relatif stabil," katanya.

Kenaikan yang terjadi pada gula pasir, menurut Bayu, lebih disebabkan karena menunggu waktu giling. Di Lampung, penggilingan mulai dilakukan pada minggu pertama April. Sedangkan di Jawa pada Mei nanti.

"Jadi diharapkan mulai bulan depan harga sudah bisa normal. Kita koordinasi dengan Depdag dan Depdag telah sepakat dengan para pedagang untuk menjual sisa stok agar harganya bisa lebih rendah. Harga kesepakatan kuramg lebih bisa mencapai Rp 7.000/kg, tergantung daerahnya," kata dia.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024