Hari Hening Dunia, Diimbau Tak Ada Kampanye

VIVAnews – Kolaborasi Bali untuk Perubahan Iklim (KBPI) mengajak masyarakat luas untuk melakukan Hari Hening Dunia (World Silent Day – WSD) pada, Sabtu, 21 Maret 2009 mendatang. Kampanye ini menindaklanjuti usulan saat pelaksanaan sidang pertama UNFCCC di Nusa Dua, Bali pada Desember 2007 lalu.

Pada hari tersebut (Sabtu, 21 Maret) adalah tepat dimana matahari berada tepat di atas khatulistiwa yang akan menuju ke utara perlambang kehidupan dan esok harinya adalah hari air.

"Yang kita lakukan hanya empat jam saja, yaitu dimulai pukul 10.00-14.00. Pada waktu tersebut merupakan waktu sibuk dan masyarakat diminta untuk melakukan pengorbanan untuk tidak menggunakan barang-barang elektronik dan menyalakan kendaraan bermotor," kata Direktur Yayasan WISNU, Made Suarnatha saat dihubungi VIVAnews, Rabu, 18 Maret 2009.

Meskipun pesimis akan dijalankan masyarakat dan secara kuantitatif sulit diukur indikatornya, anggap saja untuk latihan. Menurut Suarnatha, kalau langkah ini bisa berjalan sungguh sangat luar biasa dan beberapa komentar menilai ini langkah bagus.

Seharusnya, ada alat yang untuk mengukur indikator naik turunnya gas CO di beberapa jalan padat kendaraan. "Kita contohkan saja saat Nyepi di Bali, semua aktivitas tutup total baik bandara, pelabuhan, tak menyalakan listrik, dan kendaraan bermotor hasilnya produksi gas CO di Bali bisa ditekan mencapai 20 ribu ton. Kalau hal ini bisa dilakukan, kenapa di tempat lain tak bisa," ujar Suarnatha lagi.

Dia juga mengimbau pada partai politik yang melakukan kampanye bertepatan dengan peringatan tersebut, diharapkan dapat mengimbau pada pendukungnya untuk dapat ramah lingkungan.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

"Kalau parpol aware terhadap efek rumah kaca ini, tak perlulah ngomong panjang lebar langsung praktiknya," tuturnya yang mengimbau para pendukung agar menggunakan sepeda yang ramah lingkungan.

Dia yakin kalau ada pemimpin partai besar yang menggunakan momentum ini untuk kampanye dengan sepeda, maka pemberitaan akan lebih heboh lantaran banyak media yang akan tertarik melakukan peliputan ini.

Laporan: Wima Saraswati | Bali

Ilustrasi stres.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Belum banyak orang yang menyadari bahwa gejala stres juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Sangat banyak tanda-tanda yang menunjukkan anda terkena stres.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024