Perdagangan Bebas

FTA ASEAN-India, Tunggu Pemilu India Selesai

VIVAnews - Tertundanya perjanjian perdagangan bebas (free trade agreement/FTA) antara ASEAN dengan India disinyalir terganjal pemilu di negara artis Bollywood itu yang akan berlangsung hingga enam bulan ke depan.

"Menunggu hingga pemilu di India selesai, baru jalan," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu usai pembukaan pameran Gelar Produk Kerajinan Indonesia di Balai Sidang Jakarta, Rabu, 18
Maret 2009.

Menurut Mari, penundaan tersebut lebih banyak disebabkan oleh pihak India. "Delay lebih banyak di India, kalau negara ASEAN sudah selesai negosiasi," ujarnya.

India, dia menambahkan, belum memutuskan kapan akan memulai tahapan penurunan tarif. "Kalau kita relatif fleksibel, ditunda enam bulan juga tidak masalah," katanya.

Sebab, kata Mari, seluruh negara ASEAN sudah menyampaikan masing-masing posisi tawarnya. "Tinggal menunggu India," ujarnya.

Meski demikian, dia mengatakan negara ASEAN berharap akan bisa diputuskan pada Agustus saat Forum ASEAN Economic Minister atau pada akhir tahun ini di Thailand.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara usai timnya berhasil mengalahkan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024