Korupsi Departemen Perhubungan

Anggito Bantah Terlibat Kasus Abdul Hadi

VIVAnews - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Departemen Keuangan Anggito Abimanyu mengaku tidak tahu menahu soal kasus  penyelewengan dana di Departemen Perhubungan yang melibatkan anggota DPR Abdul Hadi Djamal.

"Saya tidak tahu alokasinya itu untuk apa, saya tidak ikut dalam belanja," ujar Anggito di Departemen Keuangan, Rabu 18 Maret 2009 malam. Anggito mengatakan bahwa tidak ada pertemuan di Ritz seperti yang dikatakan Abdul Jamal. "Seingat saya itu tidak pernah ada pertemuan di Ritz," katanya.

Terlepas dari itu, Anggito mengakui  memang pernah ada pertemuan yang dilakukan beberapa kali, namun sifatnya formal. Hanya saja Anggito tidak ingat tepatnya kapan. "Pertemuan secara informal itu pernah. Tapi saya tidak ingat yang mana," katanya.

Jika ikut terseret kasus Abdul Hadi Djamal ini, Anggito mengatakan dia sudah menyiapkan kronologi dan dokumen-dokumen valid yang tidak melibatkan dirinya. Anggito mengatakan dia mempunyai bukti-bukti hasil pertemuan dengan panitia anggaran. "Saya serahkan ke badan hukum. Saya pun kalau diminta KPK datang untuk menjelaskannya saya datang," katanya.

Sebelumnya dalam sidang Tipikor, Selasa 17 Maret 2009, Abdul Hadi Jamal menyebut nama Anggito Abimanyu sebagai orang yang mengetahui pertemuan di Hotel Ritz Chalton soal dana tambahan proyek pembangunan dermaga.

Anggota Dewan Abdul Hadi Jamal tertangkap KPK, Senin 2 Maret 2009. Abdul tertangkap bersama pegawai tata usaha Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Darmawati Dareho dan Komisaris PT Kurnia Jaya Wira Bakti Hontjo Kurniawan di kawasan Karet, Jalan Sudirman, Jakarta.

KPK menyita uang tunai US$ 90 ribu dan Rp 54,5 juta dari mobil Abdul Hadi Jamal. Penangkapan itu diduga terkait pembangunan dermaga di wilayah timur Indonesia dalam proyek bernama 'Program Lanjutan Pembangunan Fasilitas Laut dan Bandara' senilai 100 miliar.

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh
Rusia Kirimkan 29 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Russia Delivers Over 29 Tons of Humanitarian Aid for Gaza

Russia on Wednesday said the country delivered over 29 tons of humanitarian aid for the besieged Gaza Strip, where more than 32,400 Palestinians have been killed since Oc

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024