Kerusakan PLTU Suralaya

ESDM Minta PLN Periksa Seluruh Transmisi

VIVAnews - Direktorat Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi (LPE) meminta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN persero) melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap jaringan distribusi dan transmisi di sistem kelistrikan seluruh Indonesia.

Dirjen LPE J Purwono mengatakan hal ini guna mencegah terulangnya kejadian seperti di PLTU Suralaya pada Selasa 17 Maret 2009 lalu. Saat itu salah satu transmisi di PLTU mengalami kerusakan sehingga mengganggu pasokan listrik untuk sebagian wilayah di Jawa Barat dan sekitarnya. "Kita minta seluruh unit mereka bekerja secara serentak," kata Purwono di Jakarta, Kamis 19 Maret 2009.

Menurut dia, jangan sampai karena keterbatasan subsidi dan anggaran, PLN menjadi lalai dalam melakukan pemeliharaan dan perawatan pembangkit. Pemeriksaan, kata dia, akan memakan waktu lama dan dilakukan oleh internal PLN. "Saya yakin PLN mampu, tapi kalau butuh dari eksternal kita persilahkan," tuturnya.

Purwono juga mengungkapkan, kejadian di Suralaya bukan karena sabotase tetapi murni kecelakaan. "Sistem pengamanannya sudah baik," kata dia.

Dua Anak-anak Sempat Terjebak di Dalam Toko Bingkai yang Kebakaran
Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Wira

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Tiga orang yang diduga membunuh R (35), wanita yang ditemukan tewas dengan wajah hancur di Dermaga Ujung Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan ditangkap. R diketahui warga

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024