Imbas Kampanye Pemilu Legislatif

Persib & Persija Pilih Liburkan Para Pemain

VIVAnews - Kampanye pemilihan legislatif membuat kompetisi sepakbola nasional 'mati suri'. Jeda dua pekan dimanfaatkan oleh klub-klub untuk meliburkan pemain-pemainnya.

Persib Bandung contohnya. Tim berjuluk Maung Bandung itu setidaknya menyisakan tiga pertandingan selama masal kampenye. Satu pertandingan tandang kontra Pelita Jaya dan dua lainnya pertandingan kandang kontra Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Akibat tidak mendapat izin, ketiga pertandingan itu terpaksa ditunda untuk selanjutnya dijadwal ulang oleh Badan Liga Indonesia (BLI). Bila sentralisasi jadi dilakukan oleh BLI, ketiga pertandingan ini berpotensi di gelar di luar Bandung.

Menurut Manajer Persib, Jaja Sutarja, pembatalan ketiga pertandingan ini cukup merugikan timnya. Tak hanya dari segi materi saja, penundaan juga membuat program latihan timnya berantakan.

"Program latihan yang disusun oleh tim pelatih selalu disesuaikan dengan jadwal pertandingan. Jadi kalau beruba, tentu program juga ikut berubah. Jeda kompetisi yang cukup lama juga tidak baik bagi performa pemain di lapangan," kata Jaja saat dihubungi VIVAnews, Kamis, 19 Maret 2009.

Tak ingin pemainnya mengalami kejenuhan, jajaran pelatih menurut Jaja memilih untuk meliburkan pemainnya. Setidaknya untuk sepekan ke depan, Christian 'El Loco' Gonzales cs dirumahkan. "Saat masuk, pelatih juga akan mengurangi porsi latihan dari dua kali sehari menjadi sekali saja," tandas Jaja.

Langkah yang sama juga ditempuh oleh Persija Jakarta. Macan Kemayoran juga memilih untuk meliburkan pemain-pemainnya. "Saat ini kami libur. Pemain baru latihan lagi pekan depan," kata Ferry Indrasyarief, asisten manajer Persija.

Menurut mantan pentolan The Jakmania-suporter Persija Jakarta- itu, penundaan telah membawa banyak kerugian bagi timnya. Meski sedikit tertolong dengan ganti rugi sebesar Rp75 juta yang ditawarkan BLI, Persija tetap kecewa dengan adanya pembatalan beberapa pertandingan mereka.

"Yang kami khawatirkan adalah konsentrasi pemain. Masa jeda yang cukup lama berpotensi membuat pemain sulit untuk menemukan performa terbaiknya lagi," kata Ferry.

Agar tidak kehilangan sentuhan, pelatih Persija, Danurwindo menurut  Ferry telah merencanakan sederet uji coba bagi Agus Indra Kurniawan cs. Namun rencana itu belum menemui kata final, karena keduanya belum bertemu.

Semua Orang Bisa Beli Fortuner, Cicilannya Rp3 Jutaan

"Mungkin melawan tim-tim lokal Jakarta. Tapi kami masih diskusikan hal ini dengan pelatih," tandas Ferry.        

Jelang pemilihan umum (pemilu) 2009, pihak kepolisian di beberapa daerah tidak mengeluarkan izin pertandingan selama masa kampanye 16 Maret-5 April 2009. Larangan ini dikeluarkan untuk mencegah terjadinya kerusuhan selama masa kampanye.

Badan Liga Indonesia (BLI) melalui pertemuan di Surabaya, Sabtu, 14 Maret 2009 akhirnya memutuskan 27 pertandingan sisa Liga Super Indonesia (LSI) akan dipusatkan di satu atau dua provinsi saja. Jadwal pertandingan juga akan dipadatkan.

Teuku Ryan Balas Tudingan Body Shaming Ria Ricis: "Dia Juga Pernah Komentari Penampilan Saya!"
Ahn Yu Jin dan Kim Soo Hyun

Kim Soo Hyun dan Ahn Yu Jin Dapat 'Popularity Award' di Baeksang Arts Award 2024

Salah satu momen paling memukau dari acara ini adalah pemberian Penghargaan Popularitas Prizm kepada dua bintang paling bersinar, yakni Kim Soo Hyun dan Ahn Yu Jin.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024