BI Diminta Batasi Kepemilikan Asing di SBI

VIVAnews - Pengamat pasar uang Farial Anwar meminta Bank Indonesia tidak menerima dana asing yang masuk lewat Sertifikat Bank Indonesia (SBI). SBI sebagai alat kebijakan moneter dapat mengganggu kestabilan rupiah jika dana asing keluar dari instrumen ini.

Menurut dia, BI harus membayar bunga tinggi jika asing memasukkan dananya di SBI. "Dalam instrumen surat utang, investor asing sebaiknya hanya bisa menempatkan pada surat utang negara (SUN)," kata Farial dalam diskusi tentang nilai tukar di Jakarta, Kamis 19 Maret 2009.

Menanggapi usulan tersebut, Deputi Gubernur BI Hartadi Sarwono mengatakan bank sentral sebetulnya pernah membahas masalah ini di lingkungan internal. Namun dalam kondisi ketidakpastian seperti ini, bank sentral tidak akan membuat kebijakan baru yang malah akan menimbulkan ketidakpastian. "Kita akan melihat timingnya," kata dia.

Saat ini eksposur SBI mencapai  Rp 250 triliun dan sekitar satu persennya dikuasai asing. Pada kuartal IV 2008, terjadi aliran modal keluar dari penjualan SBI dan SUN. Penurunan dana asing di SBI cukup besar. Jika pada awal kuartal III masih US$ 6,7 miliar, pada akhir 2008 tinggal US$800. Sementara SUN turun daru US$11,6 miliar pada pertengahan kuartal III/2008 menjadi US$7,8 miliar pada akhir 2008.

Dana asing di SBI biasanya dimasukkan ke cadangan devisa dan bisa digunakan untuk BI sebagai alat kebijakan moneter. Meski sebagai instrumen jangka pendek, namun SBI hanya berdampak kecil terhadap fluktuatif rupiah. "Makanya kita mengatur uang beredar, kita memperhatikan semuanya agar tidak terlalu volatile. Jika terlalu volatile seperti kuartal IV lalu bukan hanya SBI, saham juga begitu," jelasnya.

Prabowo ke Anies: Saya Pernah di Posisi Anda, Saya Tau Seyuman Anda Itu Berat Sekali
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan CEO Millenium Challenge Cooperation (MCC), Alice Albright 

Finance Minister, CEO MCC Discuss Transportation Sector Cooperation

Indonesian Finance Minister Sri Mulyani Indrawati discussed cooperation in the transportation sector with Millenium Challenge Cooperation (MCC) Ceo Alice Albright.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024