BI: Dana The Fed Bakal Kuatkan Saham

VIVAnews - Keputusan The Fed mengucurkan dana sebesar US$ 1 triliun dapat membantu tambahan likuiditas di pasar. Kucuran likuiditas itu diharapkan dapat membantu pasar saham sehingga nilai tukar, termasuk rupiah bisa membaik.

"Dampaknya kepada global, dan biasanya kalau saham dengan nilai tukar berjalan bersama," kata Deputi Gubernur BI Hartadi Sarwono di Jakarta, Kamis 19 Maret 2009.

Menurut dia, jika The Fed membeli surat utang maka akan membantu pasar saham. Jika pasar di saham membaik, maka akan mengakibatkan penguatan mata uang, termasuk rupiah.

The Fed menyatakan akan menyuntikkan tambahan dana sekitar US$1 triliun untuk mengangkat ekonomi Amerika. Dana tersebut akan dipakai untuk membeli surat utang pemerintah AS.

Bank sentral AS ini rencananya akan membeli surat utang pemerintah ASĀ  jangka panjang dalam enamĀ  bulan kedepan dalam rangka memperbaiki kondisi pasar kredit swasta. Dana yang disiapkan mencapai US$ 300 miliar. Tidak hanya itu, Fed juga akan meningkatkan pembelian surat berharga berbasis hipotek atau mortgage securities hingga US$ 750 miliar.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024