Lintasarta Bidik Industri Sparepart Otomotif

VIVAnews - Sebagai salah satu penyedia teknologi jaringan terbesar di tanah air, Lintasarta kini memperluas segmen pasarnya dengan membidik industri sparepart otomotif. Selain menawarkan layanan VPN MultiService, salah satu anak perusahaan PT Indosat Tbk ini juga mengembangkan teknologi aplikasi bisnis.

Untuk koneksi antar kantor cabang, pabrik, dan depo ke kantor pusat, baik secara fixed (tetap) maupun melalui akses mobile, Lintasarta yakin VPN MultiService yang ditawarkan mampu mendukung sistem aplikasi seperti Enterprise Resource Planning (ERP) milik perusahaan manufaktur berskala besar.

Selain teknologi jaringan, Lintasarta juga mengembangkan teknologi aplikasi bisnis seperti CRM (Program berbasis SMS & e-mail untuk melakukan retensi dan sales promotion produk kepada pelanggan), Mobile Communication System yang menghubungkan jaringan PABX kantor dengan GSM mobile dengan biaya yang ekonomis, Virtual Office melalui Video Conference yang dapat menghemat biaya travelling untuk rapat, dan CCTV Online Monitoring untuk monitor gudang dan pabrik melalui akses private network.

“Industri sparepart otomotif nasional akan mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun kedepan,” kata GM Marketing Lintasarta M. Ma'ruf dalam pameran INAPA 2009 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, 19 Maret 2009.

Hal ini ditandai dengan meningkatnya penjualan kendaraan bermotor nasional di tahun 2008 sebanyak 470.000 unit. “Diprediksikan penjualan penjualan kendaraan bermotor nasional akan mencapai 530.000 unit di 2009 dan 750.000 unit di 2011,” ucap Ma’ruf.

Tingginya produksi kendaraan bermotor mempunyai dampak kepada meningkatnya jumlah produksi sparepart atau komponen kendaraan bermotor. Perlu diketahui, total perdagangan sparepart dan komponen otomotif di Indonesia meningkat hingga lebih dari US$ 5,13 juta sejak 2005.

“Agar industri manufaktur dapat berlari lebih cepat, diperlukan solusi ICT yang dapat mengintegrasi seluruh proses supply chain management, produksi, sampai after sales service,” ujar Ma’ruf.

“Investasi ICT senilai A harus menghasilkan efisiensi dan revenue senilai 100 A. Hal ini sudah terbukti oleh pelanggan-pelanggan Lintasarta yang sukses dalam mengembangkan solusi ICT,” ungkap Ma’ruf.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024