Ballmer: Akuisisi Sun Positif Bagi Microsoft

VIVAnews - Penggabungan antara IBM dan Sun Microsystems akan memberikan keuntungan kompetitif pada Microsoft di saat IBM sedang mentransformasikan aset-aset berharga Sun ke dalam perusahaannya. Hal ini diungkapkan oleh Steve Ballmer, Chief Executive Officer Microsoft.

“Kami memiliki kompetisi yang ketat dengan IBM dan menurut saya, tidak akan berubah secara strategis,” kata Ballmer seperti VIVAnews kutip dari PCWorld, 20 Maret 2009. “Menurut saya, mereka akan membutuhkan 1-2 tahun untuk berbenah, dan Microsoft akan menikmati tahun-tahun tersebut,” ucapnya.

Menurut CEO Microsoft, pembelian yang dilakukan oleh IBM merupakan “exit strategy” yang bagus bagi para pemegang saham Sun. Tetapi, Ballmer mempertanyakan mengapa IBM ingin membeli perusahaan terebut. Sun Microsystems memiliki portofolio produk yang kompleks terdiri dari jajaran hardware dan produk software. Banyak di antaranya yang tumpang tindih dengan jajaran produk yang dimiliki IBM saat ini.

“Anda membeli banyak barang ketika Anda membeli Sun,” kata Ballmer. “Menurut saya, Anda perlu menentukan apakah Anda membutuhkan semuanya,” ucapnya.

Microsoft sejak lama telah menjadi kompetitor dari IBM dan Sun, tetapi belakangan hanya IBM yang menjadi kompetitor serius karena kondisi Sun Microsystems beberapa tahun belakangan tidak stabil. Microsoft dan IBM berkompetisi di jajaran produk software bisnis termasuk middleware, infrastruktur pengembangan aplikasi, teknologi database, serta software kolaborasi dan workgroup.

Hubungan terpanas Microsoft dengan Sun merupakan hubungan pahit. Kedua perusahaan saling mengajukan tuntutan atas bahasa pemrograman Java. Kedua perusahaan akhirnya menyelesaikan masalah di pengadilan April 2004 di mana Microsoft membayar 2 miliar dolar AS untuk membeli lisensi Java.

Microsoft sendiri akan terus melakukan akuisisi di masa depan. Ballmer menyatakan bahwa perusahaannya kemungkinan akan membeli 10, 15, atau 20 perusahaan lain yang dikategorikan sebagai akuisisi kecil di bawah 500 juta dolar AS yang ia sebut bahkan tidak perlu membutuhkan persetujuannya. Microsoft juga akan melanjutkan strategi tradisional mereka untuk terus membeli perusahaan lain seharga di bawah 1 miliar dolar AS dengan alasan karena mengakuisisi perusahaan besar merupakan masalah yang kompleks. Itulah alasannya mengapa menurutnya IBM akan kewalahan jika mengakuisisi Sun Microsystems.

Timnas Indonesia U-23 Hajar Australia, Marselino Ferdinan Ucapkan Hal Ini ke Ernando
Toko bingkai di mampang prapatan ludes dilalap sijago merah

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Polisi Sebut Ada 7 Orang Terjebak di Lokasi

Kapolsek Mampang Prapatan Kompol David Y Kanitero mengatakan bahwa ada sebanyak 7 orang yang terjebak di dalam toko Frame, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan Kamis malam.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024