Pendiri OPM Bertemu Aburizal Bakrie

Pendiri OPM Bertemu Yudhoyono Akhir Pekan

VIVAnews - Pendiri Organisasi Papua Merdeka (OPM) Nicolaus Jouwe datang memulai kunjungannya ke Indonesia. Hari ini, Jumat 20 Maret 2009 Nicolaus bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Aburizal Bakrie.

"Akhir pekan saya akan bertemu dengan Yudhoyono. Minggu saya akan ke Papua," kata Nicolaus di Kantor Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Jakarta Pusat, Jumat 20 Maret 2009.

Persoalan di Papua lebih pada pembagian keuntungan sumber daya alam yang tak imbang. Dalam pertemuan hampir setengah jam dengan Aburizal, Nicolaus berharap agar Papua dapat berubah dan memiliki wajah baru yaitu Otoritas Papua, sama dengan Otoritas Batam.

Usulan wajah baru Otoritas Papua itu, menurut Nicolaus, konsepnya disamakan dengan konsep sistem otoritas yang sudah ada. Kantor pusatnya di Jakarta dan memiliki kantor cabang di Papua.

"Otoritas ini merupakan kepanjangan dari pemerintahan pusat. Jadi nantinya, berhak untuk menegur kinerja-kinerja pejabat-pejabat yang tidak benar. Otoritas ini tetap dibawah menteri," jelas dia.

Nicolaus (85) adalah anggota Dewan Nieuw Guinea, lembaga parlementer pertama Papua yang didirikan tahun 1961. Dia juga juga perancang bendera Papua, Bintang Kejora yang sampai sekarang masih dikibarkan.

Sebagai satu-satunya generasi tua pemimpin OPM yang masih hidup, Nicolaus Jouwe diharapkan menjadi penghubung antara Papua dan Jakarta. Babak baru perdamaian di tanah Papua segera dimulai.

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!
Layanan Bengkel Siaga Suzuki 2024

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Tradisi mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan kembali ramai setelah dua tahun terhambat pandemi COVID-19. Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan pemudik, PT Suzuki I

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024