Internet Kian Terjangkau

Netter Indonesia Gemar Jejaring Sosial

VIVAnews - Para peselancar Internet Indonesia ternyata tak melulu online hanya untuk urusan serius atau pekerjaan semata. Banyak di antara mereka justru terhubung internet untuk melakukan aktivitas sosial di dunia maya. Hal itu terungkap dari hasil survei perilaku pengguna internet di Indonesia yang dilakukan oleh oleh Yahoo dan TNS Taylor Nelson Sofres di Indonesia. 

“Berkomunikasi melalui jejaring sosial merupakan alasan kedua teratas bagi pengguna internet di Indonesia,” ujar Suresh Subramaniam, Deputy Managing Director TNS Indonesia, saat memaparkan hasil surveinya di Hotel Le Meridien Jakarta, Jumat 20 Maret 2009.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Kegiatan sosial di dunia maya itu merupakan motivasi paling kuat kedua setelah mencari informasi dan berita. Sementara motivasi ketiga setelah jejaring sosial adalah mencari hiburan di internet. Tak hanya itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa mengunjungi situs jejaring sosial menjadi kegiatan paling populer setelah mengakses e-mail dan menggunakan layanan pesan instan. 

Dari total pemakai internet, 59 persen mengakses e-mail. Sementara pengguna internet yang mengunjungi situs jejaring sosial memiliki persentase yang sama dengan pengguna layanan pesan instan, dengan persentase 58 persen. Selain melakukan kegiatan sosial, pengguna internet yang memakai layanan mesin pencari menduduki urutan keempat (56 persen) dan membaca berita online di urutan kelima (47 persen).

Selain itu, aktivitas blogging juga menjadi kegiatan yang termasuk populer di kalangan netter indonesia. Pasalnya, tak kurang dari 36 persen pengguna internet selalu mengupdate blog mereka. “Lebih dari satu di antara tiga pengguna internet di sini melakukan aktivitas blog,” Suresh menjelaskan.

Kegiatan Online TerpopulerPersentase
Menggunakan e-mail59%
Menggunakan pesan instan58%
Mengunjungi situs jejaring sosial58%
membaca berita online47%
Mengerjakan blog atau situs pribadi36%
Bermain game online35%
Mengunggah/mengunduh musik34%
Membaca berita olahraga30%
Mengunggah/mengunduh foto29%
Mencari kerja secara online20%
Transaksi Online Banking5%
Membeli produk secara online3%
Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah
  
3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik
Tingginya kebutuhan terhadap jejaring sosial, juga ditandai oleh besarnya animo pengguna internet mengunjungi situs-situs jejaring sosial. Buktinya, jejaring sosial Friendster juga menjadi situs ketiga teratas yang dikunjungi pengguna internet Indonesia, setelah situs Google dan yahoo.


Di antara situs sosial, Friendster masih menjadi situs teratas, dengan 92 persen pengguna yang mengunjunginya. Di tempat kedua, situs Google Group mampu mengumpulkan 29 persen dari total pengguna, dan Facebook berada di urutan ketiga dengan 27 persen pangsa pasar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya