Penjualan Cat Januari-Februari Turun 10%

VIVAnews - Penjualan cat selama Januari dan Februari 2009 mengalami penurunan sekitar 10 - 15 persen dibanding bulan yang sama 2008 silam. Penurunan itu akibat melandainya permintaan produk cat segmen konsumen menengah.
 
"Permintaan untuk produk kualitas premium dan sedang turun. Kemungkinan permintaan di segmen ini beralih ke produk lokal," tutur Direktur Utama PT ICI Paints Indonesia, Aris Wijayanto seusai peluncuran tren warna cat 2009 di Balai Sidang Jakarta, Jumat 20 Maret 2009.
 
Aris memperkirakan penjualan 2009 hanya tumbuh 5 persen."Kami lihat perkembangannya, apakah akan ada peningkatan penjualan pada bulan-bulan ke depan, karena produk ini bukan kebutuhan primer," katanya.
 
Produsen cat untuk berbagai aplikasi dan jenis kontur seperti konstruksi dan material lain membukukan kinerja penjualan mencapai 250 juta liter atau senilai Rp 3 triliun pada 2008.
 
Head of Coulors PT ICI Paints ASEAN Ravi Sahgal mengatakan, pangsa pasar ICI Paints tahun lalu sekitar 25 persen dari total pasar cat Indonesia. "Pertumbuhan 2008 sekitar 10 persen dari 2007," katanya.
 
Tahun 2009, kata Sahgal, pangsa pasar di ASEAN masih menjanjikan dan cenderung tidak terkena imbas krisis seperti yang terjadi di Amerika dan Eropa. "Akan berbeda kalkulasinya jika ternyata dampak krisis lebih dalam terjadi juga di negara Asia," tuturnya.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024