Krisis Perusahaan IT

Saxony Siap Akuisisi 25% Saham Qimonda

VIVAnews - Pemerintah negara bagian Saxony, Jerman sekali lagi menyatakan kemungkinan mereka akan mengakuisisi sejumlah besar saham Qimonda, produsen chipo DRAM yang sedang mengalami masalah. Langkah itu diambil agar pabrik manufaktur mereka yang beroperasi di Jerman tetap berjalan dan menyelamatkan ribuan lapangan kerja.

Stanislaw Tillich, Ministers President dari Saxony menyatakan bahwa pemerintahannya akan mempertimbangkan untuk mengambil alih 25% saham agar memiliki hak suara dalam memutuskan kebijakan perusahaan di masa datang. Meski begitu, investasi mayoritas yang akan menolong perusahaan harus datang dari investor swasta.

“Saxony akan melakukan apapun untuk memastikan Qimonda tetap beroperasi,” kata Tillich seperti VIVAnews kutip dari Associated Press, 21 Maret 2009. “Tetapi investor luar dengan rencana bisnis yang matang lebih penting bagi Qimonda saat ini,” ucapnya.

Sekitar 3.200 pekerja bekerja pada Qimonda di daerah Saxony. Dengan beroperasinya pabrik semikonduktor di sana, lebih banyak lagi tenaga kerja tidak langsung yang bisa dipertahankan.

Sebelumnya, pemerintah Portugal, negara di mana Qimonda juga memiliki fasilitas manufaktur menyatakan bahwa mereka siap membeli 14% saham yang disediakan pemerintah Saxony dan investor asing juga berminat untuk menanam modalnya di perusahaan pembuat DRAM itu.

Awal tahun ini, Uni Eropa tidak melihat adanya alasan untuk membantu Qimonda. Ketika itu muncul pertanyaan apakah perusahaan dapat tetap melangsungkan usahanya di Eropa. Saat ini Qimonda terus menurunkan kapasitas produksinya untuk memangkas biaya operasional secara drastis. Menurut perkiraan, perusahaan itu mencatat kerugian sebesar 42 juta Euro per minggu. Jika sampai 1 April belum ada investor yang menamkan modal, Qimonda akan dilikuidasi.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024