Ulasan Pasar Sepekan

Saham Astra Motor Penggerak IHSG

VIVAnews - Sepanjang pekan ini, indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) bergerak menguat 2,52 persen.

Selama periode transaksi 16-20 Maret 2009, seiring sentimen kenaikan indeks di bursa regional, IHSG melonjak dari level 1.327,44 pada pembukaan Senin 16 Maret 2009 dan ditutup pada posisi 1.360,88, Jumat 20 Maret 2009.

Analis PT Panin Sekuritas, Purwoko Sartono, mengatakan, beberapa berita dan data ekonomi penting dari Amerika Serikat memberikan harapan bagi investor global bahwa kondisi perekonomian berangsur membaik.

"Data housing starts dan initial jobless claim menunjukkan angka yang di luar ekspektasi ekonom," kata Purwoko dalam ulasan akhir pekan yang diterima VIVAnews, Jumat 20 Maret 2009.

Selain itu, dia melanjutkan, memo internal Citigroup yang melaporkan perolehan laba operasional dalam dua bulan pertama 2009 ikut memberikan sentimen positif bagi saham sektor perbankan.

Sementara itu, saham sektor pertambangan dan energi juga mulai rebound pada transaksi Jumat, menyusul lonjakan harga minyak mentah yang di luar dugaan mampu menembus level US$ 50 per barel.

Dari dalam negeri, data penjualan otomotif yang menunjukkan kenaikan untuk pertama kalinya setelah beberapa bulan terakhir terus turun mampu mengangkat harga saham PT Astra International Tbk (ASII). "Turunnya suku bunga perbankan juga menjadi faktor pendorong bagi sektor ini," ujarnya.

Selain data penjualan otomotif, pergerakan IHSG juga diwarnai oleh keluarnya laporan keuangan tahun buku 2008 dari beberapa emiten. Rencana merger PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Indofarma Tbk (INAF) juga mendorong saham farmasi marak diperdagangkan selama pekan ini.

"Nilai tukar rupiah juga terlihat terus menguat hingga ditutup pada 11.760/US$ pekan ini," tuturnya.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024