Obama Minta Maaf Keluarkan Komentar Hina

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, melayangkan permintaan maaf kepada Ketua Organisasi Olimpiade Khusus Penyandang Cacat Mental (Special Olympics) karena melayangkan komentar yang dianggap menyinggung perasaan kaum penyandang cacat intelektual.

Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Padam Setelah 16 Jam

Komentar itu spontan diutarakan Obama saat nimbrung dengan komedian Jay Leno dalam acara bincang-bincang terkemuka, The Tonight Show, di stasiun NBC.

"Dia [Obama] mengutarakan kekecewaan dan meminta maaf. Dia mengatakan tidak ada maksud untuk mempermalukan komunitas [penyandang cacat] ini," kata Tim Shriver, Ketua Organisasi Olimpiade Khusus Penyandang Cacat mengutip percakapan telepon dengan Obama, Jumat 20 Maret 2009.

Saat diundang bincang-bincang dengan Jay Leno, Kamis malam waktu California (Jumat pagi WIB), Obama terlihat santai sesembari tertawa. Ini mengingat The Tonight Show merupakan acara bincang-bincang dalam suasana santai dan sarat dengan pendekatan humoris lewan lelucon-lelucon dari Leno.

Saat itu, Leno bertanya kepada Obama bagaimana kesannya bisa bermain bowling di Gedung Putih. Kebetulan, kantor sekaligus kediaman resmi presiden AS itu dilengkapi dengan fasilitas permainan bowling.   

Obama mengaku tak puas, karena dia hanya mampu mencetak skor 129. "Rasanya seperti di Special Olympics atau sejenisnya," kata Obama. Para hadirin, termasuk Obama dan Leno, tertawa mendengar komentar itu.

Di AS, yang dimaksud dengan Special Olympics adalah suatu organisasi nirlaba khusus untuk memperjuangkan kepentingan para penyandang cacat intelektual. Didirikan tahun 1968, Special Olympics kini mewadahi kegiatan 200 juta orang.

Maka, komentar Obama itu yang akhirnya dipermasalahkan kalangan publik dan disadari oleh tim asisten Obama sebagai suatu kekeliruan. "Menurut saya, penting untuk mengetahui bahwa kata-kata itu bisa menyakitkan dan bermasalah. Kata-kata itu juga bisa mempermalukan atau merendahkan mereka yang harus diperhatikan secara khusus," kata Shriver.

Menyadari komentar dia sangat sensitif, Obama pun langsung menelpon Shriver di dalam pesawat saat terbang pulang ke Washington DC. Selain meminta maaf, Obama pun berencana mengundang para atlit Olimpiade Khusus ke Gedung Putih untuk bermain bowling atau bola basket. (AP)

Mobil-mobil terendam banjir di Dubai

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

Momen seorang muazin di Dubai merubah lafadz ‘Hayya alas-solaah," yang berarti ‘marilah sholat’ menjadi, ‘Shollu fii rihalikum’ viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024