Trik Merenovasi Rumah Mungil

VIVAnews - Mau merenovasi rumah? Selain ketersediaan pendanaan, membangun rumah, terutama yang berukuran mungil juga membutuhkan unsur lain. Apa itu?

Designer Inoutdesign Novita Akbar menyatakan, kunci utama yang harus dijalankan untuk merenovasi rumah mungilĀ  terletak pada unsur pencahayaan, sirkulasi udara, dan memaksimalkan fungsi ruangan.

"Seringkali pengembang membangun rumah mungil dengan hanya membuat kaca sebagai sumber pencahayaan di teras depan," ujar Novita dalam Talkshow Solusi Renovasi Rumah Mungil di The 8th Edition of Annual Event Renovation and Construction Expo di Jacarta Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu, 21 Maret 2008.

Menurut Novita, pencahayaan rumah mungil juga harus didukung oleh ketepatan penggunaan warna. Salah satu warna yang cocok digunakan warna netral seperti abu-abu muda (light gray) dan warna hijau untuk sejumlah aksesoris. "Jangan gunakan hijau untuk keseluruhan aksesoris, karena akan terlihat kurang bagus," ujar dia.

Untuk furniture, lanjut dia, sebaiknya bisa digunakan untuk berbagai fungsi. Misalnya meja tamu yang dikreasikan sehingga bisa juga digunakan sebagai tempat penyimpanan sepatu dibagian bawahnya. Selain itu, meja makan di ruang dapur juga bisa ditambah fungsinya dengan sebagai tempat kitchenset. "Intinya penggabungan fungsi ruang untuk kegiatan sejenis," katanya.

Novita juga menambahkan material kaca cermin juga bisa dimaksimalkan untuk menambah kesan luas untuk rumah mungil tersebut. Trik lain juga bisa dilakukan dengan memberikan warna terang untuk bidang-bidang yang besar.

Terakhir dia menyarankan, agar fungsi teras belakang rumah dipertahankan agar pencahayaan dan sirkulasi udara tetap ada.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024