Tak Perlu Gemuk Usai Pesta

VIVAnews- Punya rencana menghadiri pesta perkawinan nanti malam? Seperti biasanya, tentu, akan ada hidangan buffet yang menggoda untuk disantap. Hati-hati, jika Anda tidak cermat memilih makanan, bisa-bisa merusak program diet yang sedang dijalankan.

Pasalnya, hidangan pesta sarat dengan lemak, tinggi kolesterol, dan kaya kalori. Seperti, nasi goreng, rolade daging, atau kakap asam manis. Belum lagi santapan gubug, seperti aneka tempura, sate ayam, kambing guling, syomai, pempek, soto, bahkan es krim memang lezat dan sangat menggugah selera. Jadi, bisa dibayangkan berapa kalori yang masuk sepanjang acara pesta.

Memang, dalam keadaan penuh godaan ini sulit untuk bertahan pada prinsip. Jadi, kesadaran yang tinggi sangat dibutuhkan. Pintar-pintarlah menyusun pemasukan kalori. Sebaiknya, jangan lebih dari 700 kalori. Jamuan yang disajikan di pesta tentu saja tak dapat Anda ketahui seketika itu juga kandungan gizinya.  Untuk menghindari ‘kecelakaan’ yang tak diinginkan, di bawah ini strateginya:

1. Hindari berdiri dekat meja.
Sibukkan diri dengan berbicara bersama undangan lainnya. Tapi waspada juga. Seringkali terjadi, sambil ngobrol, tangan dan mulut juga sibuk ‘bekerja’ dengan camilan.

2. Pilih makanan rendah kalori
Walau tidak langsung bisa menghitung-hitung,  Anda bisa menerka bahwa makanan berkalori tinggi adalah makanan berlemak dan banyak mengandung gula.  Jadi, hindari atau batasi makanan yang kaya lemak, seperti sate ayam, kambing guling, dan sebagainya. Lebih baik pilih buah dan sayuran yang tersedia, seperti salad sayuran atau asinan pengantin.

3.  Anggap jamuan sebagai waktu mengemil

Jangan menganggap acara undangan sebagai saat makan utama.  Lebih baik ambil makanan dalam porsi kecil dan nikmati dengan makan perlahan-lahan. Butuh waktu 20 menit untuk merasakan perut kenyang. Makan perlahan akan membantu Anda menerima sinyal bahwa Anda sudah kenyang.

4.  Jangan ambil semua jenis makanan
Sebelum Anda secara otomatis menjangkau semangkuk soto padang, tanyakan pada diri Anda, “Apakah makanan ini istimewa untuk saya?”  Jika tidak, jangan ambil.  Ambillah makanan yang betul-betul Anda nikmati saja.  Kalau memang banyak sekali makanan kegemaran Anda, boleh saja cicipi semuanya, tapi jangan banyak-banyak.

'Pemimpin Rambut Putih' Sowan ke Jokowi di Istana Negara Pagi Ini
Desta dan Natasha Rizky Lebaran Bersama

Terpopuler: Desta Puji Natasha Rizky sampai Tetangga Ayu Ting Ting Buka Suara

Round-up dari kanal Showbiz pada Selasa, 16 April 2024. Sa;ah satunya tentang Desta yang merasa takjub dengan cara Natasha Rizky beri pendidikan agama ke anak-anaknya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024