Usir Lemak Sepulang Pesta

VIVAnews - Jika Anda sudah merencanakan untuk tidak makan berlebihan dan ternyata gagal, jangan cepat kecewa.  Kelebihan kalori tak sepenting bagaimana reaksi Anda terhadap hal itu.  Bila Anda menanggapi kelebihan makan dengan perasaan kecewa terhadap diri sendiri, mungkin Anda malah terdorong makan lebih banyak lagi setelahnya.  Bila sudah terlanjur makan banyak, ada ‘penawar’-nya, seperti:

- Minumlah 2 gelas air putih, sesampainya di rumah. Air putih berguna melarutkan lemak, sehingga lemak tidak terlalu lama menumpuk dalam tubuh.

- Minum secangkir teh tanpa gula. Teh dapat Melancarkan ekskresi urine dan pencernaan. Kafein dan senyawa polifenol yang terdapat dalam teh dapat memperlancar proses pencernaan, karena ia merangsang produksi cairan lambung, yang dapat menetralisir lemak dalam makanan.

- Makan sebuah apel. Salah satu kandungan gizi apel yang bermanfaat adalah seratnya, yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Dari sebuah apel, Anda sudah mendapatkan 20% serat yang diperlukan tubuh. Selain serat, vitamin C pada apel (kandungannya sekitar 8%) berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah proses oksidasi dari LDL (lemak jahat), sehingga memperkecil kemungkinannya untuk menempel di pembuluh darah.

- Jangan langsung tidur. Sepulang dari pesta, ada baiknya Anda melakukan aktivitas ringan sebelum tidur. Hal dimaksudkan agar kalori yang masuk ke tubuh, tidak langsung mengendap menjadi timbunan lemak pada tubuh. Ada baiknya, Anda membaca buku dulu, atau lebih baik lagi, jika Anda bisa merapikan rumah, seperti mencuci piring sepulang pesta. 

- Keesokan paginya, sehabis bangun sebaiknya Anda berolahraga. Misalnya, jogging 30-45 menit. Kegiatan ini, sangat membantu membakar kalori yang masuk semalam. Hasilnya, pemasukan kalori bisa cepat terbuang, tanpa ditimbun menjadi lemak dalam tubuh.


Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana
Ilustrasi Mobil Patroli Polisi

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya

Seorang jambret membawa kabur mobil patroli polisi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis, 28 Maret 2024 dini hari. Aksi jambret ini viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024