Hamid Yakin Gaet 100 Ribu Wisatawan Rusia

VIVAnews - Sektor pariwisata jadi andalan pemasok devisa saat krisis. Menurut Direktur Jenderal Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Sapta Nirwandar saat ini Indonesia sedang membidik wisatawan Rusia untuk datang ke Nusantara.

"Kita fokus ke Rusia karena potensinya sangat besar dan belum tergali sepenuhnya," kata Sapta seperti dirilis laman Departemen Luar Negeri, Senin 23 Maret 2009.

Selama tahun 2008, kata Sapta, Indonesia berhasil menarik 65.400 wisatawan Rusia, terutamake Bali. Perolehan itu meningkat  39 persen dari tahun sebelumnya. Berdasarkan perolehan itu, bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI untuk Rusia di Moskow, departemen pariwisata  menargetkan angka 90 ribu wisatawan Rusia pada tahun 2009.

"Kalau saya kok yakin 100 ribu bisa tercapai," sambung Duta Besar RI untuk Rusia, Hamid Awaludin.

Ditambahkan Hamid, pada tahun 2010, Indonesia bersama Rusia  akan mempererat kerjasama promosi pariwisata melalui publikasi dan tampilan budaya. "Ini merupakan momentum yang tepat karena merupakan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia," kata Hamid.
 
Tantangan Indonesia dalam bidang pariwisata makin besar. Industri pariwisata Indonesia mengalami penurunan daya saing pada 2009. Dalam Indeks Daya Saing Pariwisata dan Perjalanan yang dikeluarkan Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Swiss, Rabu 4 Maret 2009, Indonesia turun satu peringkat. Pada tahun 2008 Indonesia menempati posisi 80 dari 130 negara, namun tahun ini turun ke posisi 81 dari 133 negara.

Di Asia Tenggara, Indonesia kalah bersaing dengan industri perjalanan dan pariwisata Singapura yang menduduki peringkat sepuluh dalam daftar tersebut. "Padahal tahun sebelumnya, Singapura menduduki posisi ke-16," demikian terlihat dalam daftar Indeks itu.

Indonesia juga jauh berada di bawah Malaysia (32), dan Thailand yang naik dari posisi 42 (2008) ke posisi 39. Negara tetangga Brunei Darussalam yang tahun lalu belum masuk daftar Indeks ini, langsung melompati Indonesia dan bertengger di peringkat 69.

Indonesia masih berada di atas Filipina yang melorot dari peringkat 81 ke 86, Vietnam (89), dan Kamboja (108).

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025
Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024