Tips Fitness Bagi Pemula

VIVAnews - Kesalahan terbesar bagi peserta fitness pemula, adalah melakukan terlalu banyak saat permulaan. Cobalah cara simple ini strategi yang didukung oleh riset yang akan membantu anda membentuk pola rutin yang bisa jadi pegangan, dengan hasil yang bertahan lama.

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

1.Realistis dengan kemampuan anda.
Para ahli menyarankan untuk berlatih secara bertahap. Bila anda tak berlatih selama bertahun-tahun, mulailah dengan target yang terjangkau. Misalnya 20 menit berjalan, atau yoga dua kali sepekan dalam dua minggu. Bila anda sudah siap, maka tambahlah waktu latihan menjadi tiga kali sepekan, atau naikkan durasi waktu latihan menjadi 25-20 menit.

Tapi jangan lakukan keduanya sekaligus, karena akan menyebabkan tidak enak badan atau kehilangan semangat. Para ahli merekomendasikan rubahlah hanya salah satu, frekuensi, durasi atau intensitas dari latihan anda.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Latihanlah dengan program yang membuat anda nyaman. Bila terlalu keras, maka pelankan. Latihan kekuatan juga akan lebih mudah. Penelitian dari Universitas Ohio menjelaskan bahwa otot beradaptasi setelah dua minggu.

2. Buatlah catatan aktivitas.
Waktu yang terbatas adalah alasan nomor satu kita berjuang untuk tetap berlatih. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sebetulnya kita memiliki waktu lebih banyak dari yang kita pikirkan.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Perempuan usia 45-70 menghabiskan waktu rata-rata 28 jam sepekan duduk terus menerus di luar pekerjaan mereka, misalnya membaca, browsing internet, demikian hasil penelitian di Universitas Oklahoma. Bandingkan dengan waktu latihan yang hanya 2,5 jam sepekan.

Simpan catatan anda minimal selama tiga hari, dan curilah waktu dalam rangkaian aktivitas itu. Waktu di depan TV bisa dilakukan sekaligus untuk melakukan peregangan, sementara headset ponsel memungkinkan anda untuk bisa berjalan sambil berbicara di telepon.

3. Istirahatlah.
Bila kehilangan saat latihan jangan khawatir, tubuh anda tak akan mengetahuinya. Peneliti dari Universitas Brown menemukan bahwa orang-orang yang mengikuti program 14 minggu dan mengambil waktu istirahat dari latihan, kehilangan 7 pounds, seperti anda tak kehilangan satu hari latihan pun.

Dalam jangka panjang, ini menjadi kebiasaan, bukan masalah hari seorang individu. Sebagai bantuan, berlanggananlah email kesehatan mingguan. Orang-orang yang berlangganan berlatih 14 persen lebih banyakm dan makan dengan kualitas lebih baik, dibanding mereka yang tak mendapat pengingat melalui email.

4.Taruhlah treadmill di ruangan yang cantik.
Bila latihan membuat anda bosan, jangan lakukan itu. Penelitian menunjukkan bahwa bila anda menyukai latihan, anda akan bertahan melakukannya.

Jadi tetaplah beraktivitas hingga anda menemukan sesuatu yang anda suka. Atau lakukan latihan dengan music atau audiobooks. Apapun yang anda lakukan, jangan berlatih di ruangan gelap, di sudut rumah apalagi di basement.

Anda akan suka menggunakan peralatan latihan di ruangan berpenerangan baik dan mudah dijangkau oleh radio dan TV, seperti ruang keluarga. Lebih baik berinvestasi menyiapkan ruangan berlatih di rumah yang juga berfungsi baik dan atraktif, apakah membeli treadmill atau membeli keranjang cantik untuk menyimpan DVD latihan dan alat angkat beban anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya