Buka Pom Bensin Baru

Total Berebut Bisnis Rp 400 Miliar per Bulan

VIVAnews - Kehadiran Total Oil di bisnis distribusi bahan bakar minyak (BBM) menambah semarak persaingan di industri hilir ini. Mereka bakal memperebutkan gurihnya bisnis BBM non subsidi dengan volume 2.100 kilo liter per hari.

Menurut Vice President Komunikasi PT Pertamina (Persero), Anang Rizkani Noor, saat ini, rata-rata konsumsi Pertamax dan Pertamax Plus sekitar 1.500 kilo liter per hari. Dengan konsumsi sebanyak itu, Pertamina manguasai sekitar 70 persen BBM non subsidi.

Dengan asumsi itu, total konsumsi BBM nonsubsidi per hari rata-rata diperkirakan sekitar 2.100 kilo liter per hari. Dengan harga sekitar Rp 5.800 - 6.000 per liter, nilai transaksi BBM nonsubsidi ini lebih dari Rp 12 miliar per hari atau hampir Rp 400 miliar per bulan.

"Bisnis BBM nonsubsidi memang potensial," ujar Anang. Karena itu, sejak 2005, Pertamina sangat agresif mengembangkan jaringan distribusi BBM, termasuk untuk menjual BBM nonsubsidi.

Apalagi pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia cukup pesat. Tahun lalu saja, jumlah mobil baru yang terjual sekitar 600 ribu unit.

Peta pertarungan di bisnis BBM nonsubsidi ini memang cukup ketat. Mereka bukan sekadar bersaing di soal harga, tetapi juga memperluas jaringan distribusi. Para pemain bisnis BBM hilir lainnya juga cukup agresif membangun jaringan distribusi BBM.

Shell misalnya, sudah membangun belasan pom bensin di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Shell menjual produk Shell Super dan Shell Super Extra, serta Shell Diesel.

Sedangkan, Petronas cukup agresif membangun jaringan di Medan, dekat dengan Malaysia, asal perusahaan minyak tersebut. Di sekitar Jakarta, Petronas tidak seagresif Shell dalam membangun jaringan.

Belakangan Total Oil turut meramaikan pasar BBM nonsubsidi. Setelah membangun SPBU di Jl. Daan Mogot, kini Total membangun pom bensin baru di Jl MT Haryono, Jakarta. Rencananya, tahun ini saja, Total akan membangun lima unit pom bensin.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban
Manchester United

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Duel Coventry City vs Manchester United dalam Semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Minggu 21 April 2024, pukul 21.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024