Bayi Gajah Berwarna Merah Muda

VIVAnews - Berbeda dari warna kulit gajah yang biasanya berwarna abu-abu kehitaman atau cokelat, seekor bayi gajah yang tinggal di Botswana, Afrika, memiliki kulit berwarna merah muda.

Ketika fotografer dari kantor berita BBC memotret, bayi gajah itu sedang berkumpul dengan 80 gajah lainnya. Saat itu ia sedang mencari makan di delta Okavango.

Para ahli memperkirakan bayi gajah itu memiliki kelainan pigmen pada kulitnya atau dikenal dengan sebutan albino. Kelainan tersebut juga terjadi pada manusia dan hewan lain, seperti burung, ikan, dan buaya.

Albino pada gajah Afrika, menurut para ahli adalah sebuah fenomena yang sangat jarang terjadi. Biasanya albino itu terjadi pada gajah-gajah Asia.

"Selama ini saya baru menemukan tiga bayi hewan yang albino di Afrika tepatnya di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan South Africa," kata seorang ahli lingkungan, Dr. Mike Chase, yang juga membuat tempat konservasi gajah di Afrika.

Dr. Chase juga menjelaskan bahwa anak gajah albino itu akan susah bertahan hidup. "Kulit hewan albino akan sangat peka terhadap sinar matahari dan gesekan. Kulit bayi gajah albino itu akan tergesek semak-semak dan pepohonan, dan juga terkena paparan sinar matahari yang sangat menyengat. Oleh karena itu, ia mungkin akan sering merasa kesakitan," kata Dr. Chase

Walaupun begitu, Dr. Chase mengatakan gajah adalah hewan kuat, cerdas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Jadi, meskipun bayi gajah itu albino, ia punya kesempatan hidup yang besar.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024