Google Luncurkan YouTube untuk Ponsel

VIVAnews -- Google makin mempermudah para penggunanya untuk tetap bisa menikmati situs vidoe YouTube melalui layar ponsel mereka, dengan merilis aplikasi YouTube khusus untuk handset ponsel.

Walaupun beberapa ponsel berbasis Symbian sudah mendukung teknologi flash, Google (perusahaan pemilik YouTube-red) kini menyediakan aplikasi YouTube untuk hampir semua ponsel Symbian dan Windows Mobile.

"Kami telah bekerja sangat keras agar aplikasi YouTube bisa menjangkau lebih banyak perangkat dan mampu menyajikan kecepatan, kualitas, dan kehandalan yang lebih baik," ujar Google dalam tulisan di blog resminya, yang diposting oleh Product Manager Google Mobile Andreas Tuerk, dan Software Engineer Stephen Spence.

Dari sisi jangkauan model ponsel, aplikasi baru YouTube kini kompatibel dengan beragam ponsel berbasis Windows Mobile dan Symbian S60 Edisi 3, seperti Nokia XpressMusic 5320, 5630, Nokia 6110 Navigator, 6120 Classic, E51, E71, E90, N81, N82, N85, atau N95.

Menurut Google, aplikasi YouTube ini memiliki kemampuan untuk melakukan pencarian, waktu loading, dan waktu akses yang lebih cepat, dengan kualitas video yang lebih tajam dan kualitas suara yang lebih jernih.

Google juga mengklaim, aplikasi ini memiliki sistem buffering video mutakhir sehingga tetap dapat berjalan walaupun koneksi jaringan sedang lemah.

Sebelum Google menyediakan aplikasi ini, hanya beberapa ponsel saja yang mampu memainkan YouTube dengan tampilan yang disesuaikan dengan layar ponsel, seperti LG Viewty atau HTC Touch Diamond. Ponsel-ponsel itu dilengkapi YouTube sejak karena memang didesain oleh vendor yang bersangkutan.

Kini pemilik ponsel-ponsel pintar Windows Mobile dan Symbian 60 3rd Edition (untuk daftar lengkap ponsel Symbian bisa lihat disini), bisa melengkapi ponsel mereka dengan YouTube, dengan mengunduh aplikasi itu melalui situs m.youtube.com.

"Sekali aplikasi itu terinstal, tidak lagi memerlukan konfigurasi-konfigurasi tambahan di luar aplikasi tersebut," ujar Google dalam penyataan tertulis itu.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Bila telah terinstal di dalam ponsel, YouTube akan secara otomatis menampilkan video dalam format horizontal atau lansekap. Selain itu aplikasi itu juga bisa menyesuaikan kualitas video terbaik, berdasarkan kemampuan ponsel maupun kondisi jaringan yang digunakan oleh penggunanya.

Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024