Lemak Tersembunyi dalam Makanan Favorit

VIVAnews - Bukan hanya cokelat, kue atau biskuit yang harus Anda batasi asupannya karena kandungan lemaknya yang tinggi. Banyak makanan sehari-hari yang kita anggap baik untuk kesehatan ternyata mengandung lemak tinggi. Jika dikonsumsi terlalu berlebihan, justru bisa menjadi pemicu kegemukan.

Apa saja makanan yang sebaiknya dibatasi asupannya?

Kacang-kacangan
Almond, hazelnut atau macadamia adalah jenis kacang yang rendah lemak dan kaya protein nabati. Tapi batasi konsumsi kacang-kacangan ini. Sebab, lemak tersembunyi bisa datang pada carang pengolahannya. Misalnya digoreng atau diberi berbagai bumbu dan garam.

Avokad
Buah berwarna hijau dan kuning segar ini sebetulnya termasuk bahan makanan yang baik dikonsumsi bagi Anda yang berdiet. Tapi bila terlalu banyak, tentu saja bisa menyebabkan kegemukan. Dalam setiap 100 gram avocad, terkandung 17 gram lemak.

Anda tetap bisa mengonsumsi buah atau jus avocad tapi jangan dicampur dengan susu krim atau gula. Agar tidak eneg dan terasa lebih segar, campurkan sedikit perasan jeruk lemon.

Mayonnaise

Salad tanpa siraman mayonnaise atau saus thousand island mungkin terasa kurang lezat. Tapi memakan salad buah atau sayuran untuk diet akan sia-sia saja jika Anda banyak menggunakan kedua saus itu. Sebab dalam setiap 100 gram mayonnaise, terkandung 79 gram lemak. Tinggi sekali bukan?

Untuk menghindarinya, lebih baik ganti pelezat salad dengan minyak zaitun, cuka balsamic atau yogurt tanpa lemak. Begitu pun saat membuat sandwich ayam atau tuna, jangan menambahkan mayonnaise. Untuk penambah rasa, Anda masih bisa menggunakan bubuk merica hitam atau rempah lainnya.

Krimer
Senang menambahkan  krimer pada kopi atau teh? Tambahan krimer pada minuman favorit Anda memang menghasilkan cita rasa gurih dan legit. Tapi mulai sekarang, cobalah mengurangi konsumsi krimer. Dalam 100 gram krimer terkandung 50 gram lemak jenuh. Sebagai gantinya, gunakan susu tanpa lemak.

Selai kacang
Sama halnya seperti kacang yang belum diolah, selai kacang juga merupakan sumber protein nabati. Setiap 100 gram selai kacang mengandung 50 gram lemak.

Jangan oleskan selai kacang ke roti untuk sarapan Anda setiap hari. Batasi konsumsinya, cukup dua kali sepekan. Untuk mengurangi efeknya bagi berat badan, pilih selai kacang yang tidak mengandung gula.

Menteri Budi Arie Sebut Kominfo Take Down Ribuan Hoaks Soal Pemilu 2024
Budi Arie Setiadi, Ketua Umum Projo, Menteri Komunikasi dan Informatika

Menkominfo: Hampir 92% Kebisingan Ruang Digital Isinya Buzzer

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa hampir 92 persen kebisingan yang terjadi dalam ruang digital di Indonesia dipenuhi oleh buzzer.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024