Aliran Dana BI

Paskah Suzetta Akan Diperiksa di Pengadilan

VIVAnews - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Paskah Suzetta akan diperiksa Jaksa pagi ini di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi. Jaksa memeriksa dia dalam kasus dugaan korupsi aliran dana Bank Indonesia, Rp 100 miliar.

Selain Paskah, Jaksa juga akan memeriksa dua mantan legislator Hamka Yandhu dan Anthony Zeidra Abidin. Keduanya adalah terpidana dalam kasus yang sama. Ketika kasus ini bergulir baik Anthony dan Hamka menjabat sebagai anggota dewan Komisi Perbankan Dewan Perwakilan Rakyat.

Paskah diduga menerima uang Rp 1 miliar dalam kasus ini. Hamka Yandhu mengaku memberikan uang itu langsung kepada Paskah dalam beberapa tahap. Namun, dalam persidangan kasus itu, Paskah menyangkalnya.

Dalam persidangan sebelumnya, Paskah juga dituding hadir dalam pertemuan di Hotel Le Meridien. Ketika itu Paskah meminta Gubernur BI Burhanuddin Abdullah untuk mengembalikan uang senilai Rp 31,5 miliar kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Permintaan itu muncul setelah audit Badan Pemeriksa Keuangan menemukan kerugian negara dalam aliran itu.

Selain kepada Paskah, Hamka mengaku ikut menerima uang bersama Anthony dan membagikannya kepada sesama anggota dewan Komisi Perbankan. Adapun Anthony terbukti telah menerima uang Rp 28,5 miliar dari Kepala Biro Gubernur BI Rusli Simanjuntak dan Analis BI Asnar Ashari.

Kasus ini bermula dari laporan audit Badan Pemeriksa Keuangan yang menyebutkan adanya aliran dana senilai Rp 31,5 miliar ke sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat di Komisi Keuangan dan Perbankan.

Dana sebagai biaya diseminasi dan diduga merupakan gratifikasi itu dikucurkan dari rekening Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia  untuk menjaga kepentingan bank sentral dalam pembahasan amandemen UU Bank Indonesia dan penyelesaian masalah bantuan likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Sisanya, Rp 68,5 miliar, digunakan BI untuk menyelesaikan permasalahan hukum para mantan pejabat bank sentral yang terbelit kasus BLBI.

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis
Kang Tae Oh

Aktor Kang Tae Oh Selesai Wajib Militer Hari Ini

Waktu yang dinanti-nanti oleh penggemar akhirnya telah tiba! Aktor Kang Tae Oh dikabarkan telah menyelesaikan masa wajib militer (wamil) hari ini. Kini sang aktor kembali

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024